Senin, 19 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Bayar THR Rp 107 Miliar

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 5 Juni 2018 | 15:21 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Pemerintah mulai membayarkan tunjangan hari raya (THR) untuk aparatur sipil negara (ASN) mulai Senin (5/3) kemarin. Di Gorontalo, anggaran yang disiapkan untuk THR ASN tidak sedikit dan cukup menguras APBD, kurang lebih Rp 107 miliar dana yang disalurkan untuk seluruh ASN di Gorontalo. Dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2018 tentang pemberian THR, pembayaran THR ASN dibebankan bagi masing-masing Pemda.

“Kalau anggaran sudah siap, sudah teranggarkan,”kata Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah Pemprov Gorontalo, Daniel Ibrahim baru-baru ini.

BACA  Pohon Tumbang Menimpa Satu Unit Mobil, Kondisinya Rusak Parah

Menurutnya, Pemprov telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp 23,8 miliar, angka itu merujuk satu bulan gaji untuk 5.756 ASN Pemprov Gorontalo. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga menyatakan telah siap membayar THR bagi ASN.

“Anggarannya sudah kita siapkan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Sekertaris Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, Rismawaty Arsyad.

Menurutnya, untuk membayar THR lebih kurang 5 ribu pegawai, Pemkab telah menyiapkan Rp 20 Miliar. Begitu pun Pemda Bone Bolango anggaran Rp 15,4 Miliar mulai dikucur untuk membayar THR.

BACA  Benteng Ulantha, Indah dan Menarik, Meski Tak Terkait Masa Lalu

Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bonebol Jusni Bolilio mengatakan, ada 3.823 ASN Bone Bolango yang segera menikmati THR. Di Kabupaten Gorontalo Utara lebih dari 2300 ASN sudah disiapkan anggaran Rp 8 miliar untuk THR. Kepala Dinas Keuangan Daerah Gorut Husin Halidi mengatakan, THR dibayar sesuai gaji pokok ASN dan telah dialokasikan.

Sementara itu, Pemerintah Kota Gorontalo juga sudah menyiapkan anggaran Rp 17,9 untuk THR. Plh. Kabid Perbendaharaan Dinas Keuangan Kota Gorontalo Efendi Hunawa menjelaskan setiap tahun pembayaran gaji 13 dan gaji 14 (THR) di Kota Gorontalo tidak pernah telat.

BACA  Gercep! Polisi Tangkap Pengemudi Fortuner Bergaya Koboi di Jakarta Selatan

Di Pohuwato, Pemda setempat telah menyiapkan lebih kurang 13 Miliar dan APBD untuk lebih kurang 3500 ASN, sedangkan untuk Kabupaten Boalemo, Pemda mulai membayarkan THR untuk untuk 3.181 ASN, anggaran yang disiapkan Rp 11,8 miliar.

Pantauan Gorontalo Post (Hargo.co.id), sejak siang kemarin, seluruh gerai ATM terutama ATM dari bank penyalur gaji pegawai seperti BRI dan Bank Sulut nampak penuh. Mereka ngantri untuk melakukan transaksi seperti tarik tunai melalui ATM. (gp/hg)


Komentar