Senin, 26 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Masuk 11 Provinsi Taat Inpres Nomor 6

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 29 Agustus 2020 | 14:35 WITA Tag: ,
  Asisten Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Gorontalo, Syukri Botutihe. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tindak lanjut pemerintah daerah terhadap Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 rupanya dimonitoring dan evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari hasil evaluasi tersebut, Provinsi Gorontalo menjadi satu dari 11 provinsi yang menindak lanjuti Inpres yang mengatur tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Ternyata dalam hasil evaluasi tadi bersama Kemendagri khususnya Dirjen Kesbangpol dan Pemerintahan Umum disebut Gorontalo sudah termasuk dalam provinsi yang telah menindaklanjuti Inpres nomor 6 tahun 2020 dengan membuat Pergub,” ucap Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Gorontalo, Syukri Botutihe saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (28/08/2020).

BACA  Instruksi Gubernur, Pelaksanaan Hajatan Dilarang

Awalnya, lanjut Syukri Botutihe, ada 20 provinsi yang menindak lanjuti Inpres tersebut. Namun, dari jumlah itu didapati hanya 11 provinsi yang sesuai dengan Inpres.

“Dari 20 provinsi yang menindaklanjuti hanya sebelas provinsi saja yang sesuai dengan Inpres. Ada pula yang sudah menindaklanjuti tapi belum sesuai Inpres, ada juga yang masih dalam proses pembuatan peraturan di daerah bahkan ada yang belum sama sekali menindaklanjuti Inpres tersebut,” jelas Syukri.

BACA  Tiga Regulasi Ini Jadi Dasar Razia Protokol Kesehatan di Gorontalo

Ketaatan Provinsi Gorontalo dalam menindaklanjuti Inpres tersebut dibuktikan dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur nomor 41 tahun 2020. Ditambah pula Pergub yang diterbitkan sesuai dengan prosedur yang berlaku didalam Inpres nomor 6 tahun 2020 tersebut.

Masih dalam keterangannya, Syukri menambahkan, dalam rapat tersebut dievaluasi pula kabupaten kota yang belum menindaklanjuti Inpres melalui peraturan di daerah. Di Provinsi Gorontalo, masih tersisa Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bone Bolango.

BACA  Proyek Jalan Pilolalenga - Biluhu Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

“Dari awal Pak Gubernur sudah menyurat untuk menindaklanjuti itu dan yang sudah melaksanakan baru empat kabupaten dan yang dua kabupaten ini belum. Oleh sebab itu Kemendagri meminta Pemprov untuk mendorong lagi dua kabupaten ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Provinsi Gorontalo telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Gorontalo (Pergub) nomor 41 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Pergub tersebut merinci sanksi yang diberikan kepada masyarakat jika tidak mengikuti protokol kesehatan. (adv/rwf/hg)


Komentar