Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Optimis jadi Lumbung Ternak

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 19 Oktober 2016 | 13:32 PM Tag: ,
  

 

Hargo.co.id GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali menyalurkan ternak untuk masyarakat. Selasa (18/9), sejumlah kelompok ternak di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, menerima langsung guliran terak sapi dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Saya bangga dengan peternak, yang tiga tahun lalu menerima bantuan ini. Saat ini sudah berkembang dan dengan ikhlas menyalurkan ke masyarakat yang lain,”kata Gubernur Rusli Habibie.

Dengan sistem guliran ternak, Gubernur Rusli Habibie yakin daerah ini menjadi lumbung ternak khususnya di kawasan timur Indonesia. Hal ini juga yang telah diprogramkan pemerintah Provinsi Gorontalo.

Dimana selain bantuan guliran ternak, Pemprov juga mengadakan bantuan ternak yang baru. Selain ternak sapi, Gubernur Rusli Habibie juga menyalurkan bantuan ternak ayam. Dalam tiga tahun terakhir, Pemprov Gorontalo memang serius mengembangkan ternak ayam, yakni dkengan menyalurkan DOC (anak ayam) kepada kelompok-kelompok penternak.

“Ayam yang dikembangkan adalah ayam kampung unggulan Balitnak di Bogor. Setelah saya programkan dan dikembangkan di Gorontalo, menjadi ayam kampung unggulan Rusli (Ayam KUR), “ujar Rusli Habibie.

Tingkat kebutuhan ayam di Gorontalo, kata Rusli Habibie cukup tinggi. Sebuah rumah makan di Kota Gorontalo, kata Rusli membutuhkan ayam kampung yang menjadi ciri khas menu rumah makan, sebanyak 10 ribu ekor per bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, kata Rusli, sang pengusaha rumah makan menutupinya dengn mendatangkan dari Jawa. “Padahal kita memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan ayam kampung. Makanya saya bangun pusat pembibitan dan setiap bulan menghasilkan anak ayam dan disalurkan ke peternak,”ujarnya.(tro/hargo)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar