Kamis, 17 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Utara Diharapkan Jadi Sentra Bibit Jagung

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 5 Juni 2021 | 04:05 WITA Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu


Hargo.co.id, GORONTALO –  Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu berharap agar daerah yang berada di Bibir Pasifik itu, menjadi sentral benih jagung di Provinsi Gorontalo. Itu tak lepas dari dijadikannya Gorontalo Utara sebagai daerah lokasi pembibitan. 

Informasi yang berhasil dihimpun, Gorontalo Utara saat ini ditunjuk sebagai daerah pembibitan oleh Kementerian Pendidikan yang bekerja sama dengan Balai Serealia dan Balitbang Kementerian Pertanian. Program pembibitan tersebut melibatkan para petani lokal dengan lahan yang telah disediakan oleh para petani seluas 50 hektar dan untuk bibit, teknologi dan juga penerapan teknologinya itu dari pihak balai. 

  “Tentunya program ini sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah dan menyambut positif, karena selama ini belum ada sentra bibit yang ada di Provinsi Gorontalo,” kata Thariq Modanggu saat dimintai tanggapannya terkait dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi Benih Jagung Hibrida Berbasis Korporasi di Desa Bulontio Timur, Sumalata, Kamis (03/06/2021).

Apalagi kini Provinsi Gorontalo dikenal secara umum penghasil jagung tidak hanya di daerah tetangga namun secara nasional bahkan juga luar negeri. 

“Bagi kami, ini adalah mimpi untuk dapat memperoleh maupun menghasilkan benih sendiri yang berkualitas. Ini merupakan sebuah kesempatan, dan untuk itu baik para petani maupun penyuluh untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang langkah ini,” ujarnya.

Apalagi dalam proses pelaksanaan program, para petani didampingi langsung oleh para ahlinya dari Litbang Serealia dan Balitbang Kementerian Pertanian. 

“Oleh karena ini baik para petani maupun penyuluh untuk dapat belajar dengan baik, menyerap ilmu dari para ahlinya langsung, sehingga kedepan dapat diterapkan dengan maksimal di daerah,” tandasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Pertama di Gorontalo Utara, Suami Camat Tempati Ketua TP PKK

Komentar