Kamis, 20 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Utara Harus Miliki Peta Rawan Bencana

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 29 November 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Dari kiri ke kanan, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu dan Wakil DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik. Mereka sepakat agar perlu ada peta lokasi rawan bencana. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penanganan bencana di Gorontalo Utara (Gorut) harus dilakukan secara bersama-sama antar semua pihak. Terutama yang terkait dengan banjir, karena bencana ini kerap datang setiap musim hujan. 

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menjelaskan bahwa penyelesaian banji harus dari hulu hingga ke hilir. Selain itu, Indra Yasin juga meminta agar semua pihak ikut terlibat, misalnya selain Pemda dan DPRD, peran pihak vertikal seperti Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II, Dinas Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup, dibutuhkan.

“Saya berharap nanti penanganan banjir, kita ramai-ramai lakukan perbaikan. Oleh sebab itu, saya sampaikan, khusus untuk teman-teman yang berkaitan dengan penanganan banjir, ini segera melihat di mana pusat-pusat rawan banjir, kemudian mengambil langkah-langkah strategis untuk diintervensi program pembangunan,” tuturnya. 

Guna mengetahui pusat-pusat rawan bencana, Indra Yasin meminta instansi teknis, seperti BPBD untuk membuat peta rawan bencana. 

“Sehingga kita sudah bisa mewaspadai tempat-tempat rawan bencana ketika terjadi hujan atau cuaca buruk,” ujarnya. 

Dengan adanya pemetaan tempat-tempat rawan bencana, seperti tanah longsor maupun banjir. 

“Paling tidak, itu memudahkan kita ketika penanganan, kita sudah tahu kalau bagian barat, pasti di tempat ini, demikian juga bagian timur. Makanya, ini harus diseriusi oleh OPD teknis,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar