Senin, 3 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Utara Jadi Pusat Latihan Basarnas

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 30 April 2021 | 20:05 WITA Tag: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menerima kunjungan pihak Basarnas, Kamis (29/04/2021). (Foto: istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gorontalo Utara (Gorut) akan dijadikan sebagai tempat latihan oleh Basarnas. Ini sebagaimana yang disampaikan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin usai pertemuan dengan pihak Basarnas, Kamis (29/04/2021).

Menurut Indra Yasin, pihak Basarnas yang datang menemui di ruang kerjanya untuk melaporkan terkait dengan rencana pelaksanaan program pemusatan latihan kegiatan. 

“Dalam pertemuan tersebut, pihak Basarnas melaporkan terkait pemusatan kegiatan di Gorontalo Utara khusus untuk penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Jika kesempatan sebelumnya pemusatan latihannya di laut, namun untuk kali ini latihannya di darat dan di hutan. Dijelaskan oleh Indra Yasin bahwa kejadian kecelakaan dapat saja terjadi di hutan, seperti kecelakaan pesawat dan lainnya. 

“Tentunya dengan pelatihan yang akan dilakukan tersebut untuk menyiapkan langkah penanganan yang akan dilakukan ketika terjadi bencana nanti,” kata Indra Yasin.

Dalam latihan kali ini juga, pihak Basarnas pusat akan datang juga ke Gorontalo Utara, selain untuk membuka kegiatan yang dimaksudkan kata bupati, namun juga untuk melihat langsung proses latihan yang akan dilakukan nanti. 

“Untuk peserta juga akan diambil dari kecamatan, hal ini tentu dimaksudkan agar ada tenaga yang siap ketika suatu saat terjadi bencana yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Untuk peserta pelatihan sendiri akan ada 50 orang yang dilatih, dan ketika ini selesai maka akan ditularkan lagi kepada masyarakat, kata Indra Yasin yang nantinya juga akan dibentuk kelompok kewaspadaan bencana di masing-masing desa.

“Dengan melihat kondisi yang ada saat ini maka penting dibentuk kelompok kewaspadaan bencana,” pungkasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Serapan dan Realisasi Anggaran Gorontalo Utara Melebihi Target

Komentar