Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Utara, ‘Negeri’ Adat Kelima yang Menerima Kunjungan Penjagub

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 25 Mei 2022 | 20:05 Tag: , , ,
  Prosesi adat Mopotilolo Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer oleh Pemda Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (24/05/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kabupaten Gorontalo Utara menjadi Negeri Adat ke 5 atau terakhir yang menerima kunjungan kerja Penjabat Gubernur (Penjagub) Hamka Hendra Noer bersama istri, dalam rangka menjalin silaturahim dengan para kepala daerah.

Informasi yang disampaikan Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo pada Rabu (25/05/2022), atas kunjungannya ke Gorontalo Utara, pertanda bahwa kedatangan Hamka Hendra Noer di Gorontalo telah terterima dengan baik.

Dalam prespektif Adat Gorontalo, dikenal dengan lima Negeri Adat atau u duluwo limo lo pohalaa (dua negeri bersaudara dari lima negeri adat). Lima negeri adat dimaksud yakni Pohalaa Suwawa, Pohalaa Hulandalo (Kota–Kabila–Hunginaa), Pohalaa lo Limutu (Batudaa–Limboto–Paguyaman dan Kwandang–Tilamuta), Pohalaa Bulango dan Pohalaa Atinggola .

Dalam kunjungannya yang kembali disambut dengan prosesi adat Mopotilolo, Hamka Hendra Noer bersama istri, juga diterima langsung oleh Plt Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama istri dan pimpinan OPD setempat.

“Alhamdulillah tadi kata Pak Bupati, saya sudah terterima baik secara adat maupun secara administrasi pemerintahan. Syukur alhamdulillah saya bersama istri dan Pemerintah Provinsi mengucapkan terima kasih sebesar besarnya,” kata Hamka Hendra Noer

Lebih lanjut Penjagub juga menuturkan, dimana kegiatan mengunjungi setiap daerah menjadi hal yang penting untuknya dalam rabgka membangun komunikasi, sinergitas dan kolobarasi bersama Bupati, Walikota dan pemerintah setempat. Ia berharap dukungan dari pemerintah dan masyarakat Gorontalo.

“Kami Pak Bupati, terus terang aja, tidak bisa bekerja sendiri. Kami harus ditopang oleh Bupati dan Walikota, sehingga sinergi program dan kerja bisa sampai kepada masyarakat,” tutur Hamka Hendra Noer.

Dalam kesempatan tersebut, Hamka Hendra Noer juga menekankan Plt Bupati Thariq Modanggu untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan, utamanya menjelang tahapan Pemilu 2024. Ia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mulai fokus untuk memulihkan ekonomi warga dua tahun pasca Covid-19.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 44 times, 1 visits today)

Komentar