Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Grand Opening INN Tower: Prospek Media Cetak Kian Cerah 

Oleh Fajriansyach , dalam Headline , pada Senin, 6 Agustus 2018 | 09:00 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Hadirnya INN Tower di Goorntalo menjawab semua spekulasi jika media cetak akan tumbang. Buktinya, di tengah pesimis banyak kalangan, Indonesia Nasional Network (INN) kembali menujukkan bila media cetak masih memiliki prospek dan masa depan. Peresmian INN Tower Radar Gorontalo, Ahad (05/08/2018) adalah buktinya.

Sejak lama koran diramalkan akan mati. Platform awal media massa itu dinilai akan tergerus oleh kecanggihan zaman. Hadirnya media elektronik, radio dan kemudian dikuti televisi menjadi salah satu dasar penilain. Namun penilaian itu ternyata meleset. Koran tetap hidup di tengah berkembangnya radio maupun televisi.

BACA  40 Persen ASN di Kabupaten Gorontalo Sudah Jalani Vaksin

Di awal era millenium, ramalan koran akan mati kembali bergulir kencang. Hadirnya media online yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dinilai akan menjadi ‘predator’ terhadap koran. Penilaian itu didasarkan pada ‘ideologi’ media online, yaitu kecepatan dalam menyajikan berita.

Hampir memasuki dua dekade era millenum, kehadiran media online cukup berdampak terhadap keberadaan koran. Tiras sejumlah media/perusahaan penerbitan koran mengalami penurunan. Bahkan tak sedikit di antaranya beralih ke platform digital dengan menjadi media online.

BACA  Indra Yasin Tekankan Soal Loyalitas Pejabat di Gorontalo Utara

Meski begitu, penilaian koran akan mati dengan hadirnya media online lagi-lagi keliru. Nilai trust (terpercaya) yang terus terjaga membuat koran tetap eksis hingga saat ini. Bahkan Koran Jawa Pos mampu membuktikan diri sebagai korannya anak muda mengikuti perkembangan digital.

Hal itu ditandai dengan penganugerahan Young Reader Prize 2011 dari World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA). Kekeliruan penilaian bahwa koran akan mati lagi-lagi dibuktikan dengan hadirnya Indonesia News Network (INN) Tower Radar Gorontalo. Menariknya, kehadiran kantor media cetak Radar Gorontalo itu menjadi antitesis atas pesisme sejumlah kalangan terhadap Koran.

BACA  Covid-19 Menyerang Siswa, 64 Orang Penghuni MAN Insan Cendekia Positif

“Ketika sebagian media cetak terjadi penurunan, menjamurnya media online, INN Tower Radar Gorontalo hadir. Ini membuktikan bahwa koran tak akan mati. Koran masih memiliki prospek ke depan,” tegas Komisaris Utama INN Imawan Mashuri pada peresmian INN Tower Radar Gorontalo, Ahad (5/8).

Pria berkacamata itu mengemukakan, koran masih mampu bertahan karena memiliki trust (kepercayaan). Sampai saat ini trust masyarakat terhadap koran masih paling tinggi dibandingkan media-media lainnya.

Laman: 1 2


Komentar