Rabu, 28 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur : Andil BPOM Tangani Covid-19 Cukup Besar

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 14 Oktober 2020 | 09:05 WITA Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan sambutan serah terima jabatan Kepala Balai POM Gorontalo di aula kantor Balai POM, Selasa (13/10/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, andil Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam menangani Covid-19 cukup besar.

“Khuhusnya untuk kerjasama BPOM dan pemprov melalui Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo untuk pemeriksaan hasil swab yang kita lakukan dan ini sangat-sangat membantu. Sehingga pada waktu itu mulai bulan Mei, satu-satunya Provinsi dan BPOM kerjasama itu baru di Gorontalo,” ucap Rusli Habibie, saat memberikan sambutan dalam serah terima jabatan Kepala Balai POM Gorontalo di aula kantor Balai POM, Selasa (13/10/2020).

BACA  Digagas Protokol Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Laboratorium BPOM merupakan lokasi pertama pengujian spesimen pasien Covid-19 yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup canggih. Ada ruang bio sefety cabinet sebagai tempat kerja untuk melindungi penguji dari risiko kontaminasi. Ada juga automatic extraction robotic untuk mengambil RNA atau asam ribonukleat.

Atas hal itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kemudian memuji kinerja Yudi Noviandi sebagai pejabat lama Kepala selama menjabat di Gorontalo.

“Kalau saya mau cerita kesan saya terhadap BPOM, satu hari tidak akan habis. Saking lamanya kita bersinergi, kekompakan, kerjasama dengan BPOM Gorontalo khususnya dan terutama pada saat pandemi Covid-19 di Gorontalo. Kami sangat-sangat terbantu,” tutur Rusli.

BACA  DPRD Gorontalo Utara Usul Ruang Fiskal untuk Diskusi

Prestasi lainnya yang juga di puji oleh Gubernur dua periode itu adalah inovasi BPOM dalam menciptakan hand sanitizer dengan bahan dasar minuman beralkohol cap tikus. BPOM berhasil mendestilasi minuman keras hasil sitaan dengan kadar alkohol 70 persen itu menjadi ratusan botol hand sanitizer.

Kepada Yudi Noviandi, Gubernur Rusli mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama menjabat sebagai Kepala BPOM Gorontalo. Sementara untuk pejabat baru Agus Yudi Prayudana, Rusli berharap kerjasama akan terus terjalin antara pemprov dan BPOM Gorontalo.

BACA  Covid-19 Belum Berakhir, Kominfo Terus Memaksimalkan Sipardi

Dalam serah terima jabatan tersebut, Yudi Noviandi yang menjabat sebagai Kepala BPOM Gorontalo selama dua tahun tujuh bulan tersebut ditugaskan sebagai Kepala Balai Besar POM Pekanbaru. Sementara penggantinya Agus Yudi Prayudana sebelumnya menjabat Kepala Seksi Pengujian Mikrobiologi Balai Besar POM Banjarmasin.(adv/rwf/hg)


Komentar