Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur dan Forkopimda Gorontalo Gelar Rakor Dengan Pangdam XIII Merdeka

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 17 Maret 2021 | 21:35 WITA Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat foto bersama dengan unsur Forkopimda usai rapat koordinasi di Makodam XIII/Merdeka, Rabu (17/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam rangka membahas tenteng isu radikalisme, terorisme, tambang ilegal, keamanan pangan dan penanganan Covid-19, Gubernur Rusli Habibie bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gorontalo, menggelar rapat koordinasi dengan Pangdam XIII Merdeka di Manado, Sulawesi Utara, Rabu ( 17/03/2021).

Pada kunjungannya kali ini Gubernur Rusli Habibie mengaku terkesan dengan penyambutan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Santos G. Matondang, di Manado, Sulawesi Utara.

“Saya sangat bangga, sangat terharu dan tersanjung ketika kami tiba di hotel, Pak Pangdam bersama jajarannya hadir menyambut kami. Beberapa tahun lalu kami juga pernah melakukan pertemuan seperti ini bersama para Bupati dan Walikota,”tutur Rusli Habibie dalam sambutannya.

BACA  Gubernur Gorontalo Jamu Bupati Mitra dengan Offroad

Dalam kesempatannya Rusli Habibie mengatakan Rapat Forkopimda Gorontalo bersama Pangdam XIII/Merdeka ini sengaja digelar untuk memperkuat sinergitas dan komunikasi antar pimpinan di daerah. Dikatakan Gubernur Rusli, Kodam XIII/Merdeka merupakan komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI-AD yang membawahi Korem 133/Nani Wartabone dan sejumlah Kodim di Gorontalo.

“Beberapa isu yang perlu dibahas, yakni soal terorisme dan radikalisme, pertambangan ilegal, ketersediaan sembako sebagai bagian dari keamanan pangan dan masalah penanganan covid-19 yang belakangan ini marak terjadi. Ini yang perlu kita jaga terus, yakni sinergitas dan kekompakan antar forkopimda baik antar provinsi dan kabupaten kota, agar semua persoalan bisa kita bahas dan selesaikan bersama,”kata Rusli Habibie.

BACA  Pejabat Kabinda Gorontalo Yang Baru Dan Lama Temui Wagub Gorontalo

Pada kesempatan yang sama, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang menilai rapat seperti ini sangat penting untuk memelihara dan meningkatkan koordinasi. Harapnya diperoleh kesamaan persepsi untuk memahami setiap permasalahan yang terjadi di wilayah.

“Bagaimanapun juga untuk menjamin kesuksesan program di daerah, semua instansi harus bergerak bersama bersinergi dan menjadi satu kesatuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, saya selaku Pangdam menyambut baik dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang sudah menginisiasi pertemuan ini,”ungkap Mayjen TNI Santos G. Matondang.

Informasi yang disampaikan Diskominfo, Sejak memimpin Gorontalo tahun 2012 lalu, Gubernur Rusli Habibie dikenal rajin membangun sinergitas dengan unsur Forkopimda. Tidak saja di Gorontalo tapi juga Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah sebagai daerah tetangga.

BACA  Bahas Beasiswa untuk Mahasiswa, Ketua Deprov Temui Gubernur Gorontalo

Dari Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie mengundang Kapolda Gorontalo Irjenpol Akhmad Wiyagus, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Kabinda Ferry Pribadi, Dansatradar 224 Kwandang Mayor Zlek Andi Johandan, serta Danlanal Gorontalo diwakili Pasintel Kapten Laut (E) Rezky Trinanda Riu.

Pada kesempatan berbeda, Kapolda Sulawesi Utara Irjenpol Nana Sujana yang tidak sempat ikut rapat bersama, menyambangi Rusli Habibie di Hotel Sintesa Peninsula Manado. Ini pertemuan perdana Gubernur Rusli dengan Jenderal Bintang Dua itu usai dilantik pada bulan Februari lalu.(zul/adv/hargo)


Komentar