Thursday, 16 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo Berdayakan Penjahit Lokal Untuk Produksi Masker Kain

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Tuesday, 31 August 2021 | 23:05 PM Tags: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Sekdaprov Gorontalo dan Ketua BAZNAS saat foro bersama dengan perwakilan penerima bantuan UMKM terdampak Covid-19, Selasa (31/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Disela kegiatan penyerahan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menginstruksikan para pelaku UMKM yang berprofesi sebagai penjahit untuk diberdayakan membuat masker kain, Selasa (31/08/2021).

“Tolong pak Kadis Komperindag lakukan pendampingan kepada para penjahit yang hadir hari ini. Kita sediakan bahan untuk membuat masker kain dan paling penting setelah itu kita lagi yang beli, dan kita bagi-bagikan kepada masyarakat Gorontalo. Daripada kita pesan diluar daerah, kita berdayakan saja ibu-ibu di sini,”kata Rusli Habibie.

Gubernur juga menegaskan, selain menyediakan masker kain untuk terus mencegah penyebaran Covid-19, kegiatan ini sembari melakukan pemberdayaan para penjahit lokal yang kini kesulitan mencari nafkah, akibat pesanan jahitan menurun drastis dampak dari pandemi corona.

“Pak Sekda kan ada gaji saya yang disumbangkan untuk Covid-19 di kas daerah. Kalau boleh uang itu ┬ádigunakan untuk bayar masker yang dijahit oleh ibu-ibu ini. Berapa kemampuan mereka menjahit 50 ribu atau 100 ribu masker yang bisa mereka buat, satuannya kita beli Rp. 5.000,”tegas Gubernur.

Hal tersebut disambut bahagia oleh Herlina Pakaya, penjahit asal Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, yang mengaku sangat berterimakasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh Gubernur. Herlina bercerita sejak pandemi Covid-19 dirinya tidak lagi mendapatkan penghasilan seperti sediakala. Jika sehari biasa ia bisa menjahit 4-5 pasang baju saat ini satu orderan saja sudah susah.

“Tidak ada yang bisa kami ucapkan selain terimakasih banyak untuk bantuan dari bapak Gubernur. Sebenarnya di awal-awal pandemi corona saya juga menjahit masker dan saat itu masih banyak yang order. Tapi makin kesini makin berkurang bahkan sudah tidak ada lagi, mungkin karena sudah banyak masker yang dijual, jadinya kami tetap kesusahan. Dengan adanya orderan jahitan ini otomatis membantu mata pencaharian kami, terimakasih Pak Gubernur,”tutur Herlina.

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Gorontalo melalui BAZNAS Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp1,2 juta kepada 924 pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Selanjutnya, dari total 1.922 UMKM calon penerima akan dibagi waktu penerimaan hingga Desember 2021.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar