Minggu, 27 November 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo: Jika Sudah Miliki NPWP, Wajib Laporkan Pajak

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 12 Maret 2020 | 10:59 Tag: , ,
  Gubernur Rusli Habibie didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo, Daud Suranto melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak secara online, Kamis (12/03/2020) di Rumah Dinas (Rudis) Gubernur. (foto istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo, Daud Suranto, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak secara online, Kamis (12/03/2020) di Rumah Dinas (Rudis) Gubernur.

“Saya tadi sudah melaporkan SPT pajak lewat e-filing. Jadi bagi masyarakat Gorontalo yang sudah memiliki NPWP, maka wajib untuk lapor pajak,” kata Rusli Habibie.

Dirinya menambahkan masih banyak masyarakat Gorontalo yang punya NPWP tetapi belum melaporkan SPT tahunannya. Untuknya sebelum 31 Maret 2020, sesuai batas waktu yang ditentukan, laporan pajak harus sudah selesai.

“Dengan e-filing, lapor dimana saja kapan saja,  semakin murah.  Tidak perlu ke kantor pajak. Jadi segera lapor pajak, karena pajak kuat, Indonesia maju,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Pajak Pratama Gorontalo Daud Suranto.  Menurutnya tahun ini pemerintah menargetkan nilai kepatuhan terhadap pelaporan SPT masyarakat harus bisa meningkat.  Karena segala macam cara sudah dilakukan oleh direktorat pajak, termasuk menggunakan sistem e-filing.

“Secara statistik, sekitar 60.000 yang wajib SPT baru sekitar 40.000 yang melaporkan SPT. Jadi masih banyak, masyarakat gorontalo yang belum melaporkan SPT.  Tetapi jika dibandingkan dengan daerah lain, Gorontalo termasuk cukup patuh terhadap pelaporan SPT.  Sehingga tahun ini pemerintah berharap nilai kepatuhan masyarakat bisa meningkat,” paparnya.

E-filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online. Cukup melalui satu situs, www.pajak.go.id, wajib pajak sudah bisa menggunakan layanan yang disediakan DJP. (adv/rwf/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar