Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo Mandatkan Inspektur Upacara 17 Agustus 2021 ke Wagub

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:05 Tag: , , ,
  Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat menjadi inspektur upacara peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia tingkat Provinsi Gorontalo, di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (17/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mempercayakan Wakil Gubernur H. Idris Rahim untuk menjadi inspektur upacara pada peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia tingkat Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (17/08/2021).

Upacara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan kali ini, tercatat merupakan yang kedua kalinya Wagub Idris Rahim menjadi inspektur upacara, dimana sebelumnya Idris Rahim juga pernah mendapatkan kesempatan yang sama pada peringatan HUT ke-72 RI tahun 2017.

Peringatan HUT ke-76 RI menjadi Agustusan terakhir bagi Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim. Setelah hampir 10 tahun memimpin Provinsi Gorontalo, pasangan yang dikenal dengan slogan Nyata Karya Rusli-Idris (NKRI) ini akan mengakhiri masa jabatannya untuk periode kedua pada Mei 2022 mendatang.

Menurut informasi, Gubernur Rusli Habibie tercatat hanya tiga kali absen jadi inspektur upacara. Dua kali diberikan kepada Wagub Idris Rahim, serta tahun 2020 Gubernur Rusli memberi kehormatan kepada Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa yang saat itu sedang kunjungan kerja di Gorontalo.

Upacara penurunan bendera yang selalu menjadi “jatah” Wagub juga dua kali pernah diserahkan ke Sekretaris Daerah (Sekda). Tahun 2017, Winarni Monoarfa yang kala itu menjabat Sekda diberi kesempatan, dan terakhir tahun 2021 dipercayakan kepada Sekda Darda Daraba.

Pelaksanaan upacara HUT ke-76 RI tingkat Provinsi Gorontalo itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana jumlah peserta dan tamu undangan yang hadir langsung di lokasi upacara dibatasi jumlahnya berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor 0031/4297/SJ tanggal 10 Agustus 2021.

Dalam surat edaran tersebut Mendagri Mohammad Tito Karnavian menginstruksikan seluruh Pemerintah Daerah untuk menggelar peringatan HUT ke-76 RI secara sederhana.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar