Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo Minta Alat dan Kenderaan Siaga Bencana Dirawat Secara Berkala

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 11 November 2020 | 07:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Kapolda Gorontalo dan Danrem 133/NWB saat mengecek alat dan kenderaan operasional penanganan bencana, di halaman Makorem 133/NWB, Selasa (10/11/2020). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengimbau alat dan kendaraan kesiapsiagaan bencana dirawat dengan baik. Perawatan mutlak dilakukan secara berkala agar sewaktu-waktu digunakan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Rusli saat memimpin apel kesiapsiagaan antisipasi bencana alam bertempat di halaman Makorem 133/NWB, Selasa (10/11/2020). Apel diikuti jajaran TNI/Polri, Basarnas, BPBD, Dinas Sosial, Dinas PU, Satpol PP, dan relawan bencana.

BACA  160 PNS di Kabupaten Gorontalo Beralih ke Jabatan Fungsional

“Jangan hanya pada apel-apel begini kita ramai-ramai memamerkan alat-alat canggih, tapi ketika terjadi bencana alat tidak bisa berfungsi. Contohnya perahu karet bahkan ada yang akinya hilang. Jadi dengan digelarnya apel kesiapsiagaan bencana alam ini, saya mohon kepada Basarnas dan tim saya semua, untuk selalu merawat dan memelihara alat-alat ini,” kata Rusli.

BACA  Pemprov Gorontalo Segera Salurkan Bansos Untuk Non DTKS

Selain peralatan yang terawat, Rusli menekankan pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) setiap instansi saat menghadapi bencana alam. Mengetahui siapa bekerja apa dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing mutlak untuk dilaksanakan.

“Kita harus tahu tupoksi masing-masing, kalau tidak akan berantakan di lapangan. Jadi selain alat dipelihara, kita sudah siap secara teknis penanganannya,” tegasnya.

BACA  Pengda IOF Gorontalo Sambangi KPM di Tibawa

Usai memimpin apel, Gubernur Rusli didampingi Kapolda dan Danrem mengecek alat dan kenderaan operasional penanganan bencana. Kendaraan dapur umum, mobil evakuasi, perahu karet dan peralatan pendukung lainnya diperiksa satu persatu.(zul/adv/hargo)


Komentar