Selasa, 4 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo Minta Kabupaten/Kota Memaksimalkan Vaksinasi Covid-19

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 23 April 2021 | 20:08 WITA Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Wagub Idris Rahim dan Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba saat memimpin rapat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Bupati/Walikota secara virtual. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Dibandingkan dengan daerah lainnya, Provinsi Gorontalo tercatat memiliki cakupan vaksinasi Covid-19 yang masih tergolong rendah. Hal tersebut membuat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memaksimalkan vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Tentunya kami sangat mengharapkan juga partisipasi dari pak Kapolda dan pak Danrem untuk memaksimalkan dan membantu pemerintah kabupaten dan kota untuk melaksanakan vaksin covid-19,” ucap Rusli Habibie saat memimpin rapat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta bupati walikota secara virtual dari aula Rumah Jabatannya, Rabu (22/04/2021).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, bahwa penyebab cakupan vaksinasi yang rendah dikarenakan kekhawatiran akan kekosongan vaksin di sejumlah wilayah.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur dua periode itu mengatakan akan menyurat ke Kementerian Kesehatan untuk meminta percepatan penambahan dosis vaksin ke Gorontalo dan vaksin yang masih tersisa di kabupaten kota untuk segera digunakan.

“Teman-teman bupati walikota yang masih mempunyai stok vaksin untuk segera digunakan jangan disimpan-simpan lagi, jangan sampai akan kadaluarsa. Ada yang masih punya stok 4000 dosis masih bisa digunakan untuk 2000 orang dalam dua kali penyuntikan. Saya minta ini dipercepat,” tutur Rusli Habibie.

Selain itu, Rusli Habibie meminta masyarakat tidak perlu khawatir vaksinasi saat puasa, sebab kondisi tubuh kita tidak akan terpengaruh terhadap pemberian vaksinasi walaupun sedang dalam keadaan berpuasa. Yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan vaksinasi adalah istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi waktu sahur. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih matang dengan jumlah yang cukup.

“Saya minta bupati walikota untuk mensosialisasikan ke masyarakat terutama lansia bahwa vaksin itu tidak membatalkan puasa. Ini juga yang masih menjadi perdebatan dan penolakan dari teman-teman masyarakat saat ini, padahal MUI sudah mengatakan bahwa itu (vaksin) tidak membatalkan puasa,” terang Rusli Habibie.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Achmad Wiyagus mengatakan akan ikut mendukung kegiatan provinsi dalam percepatan vaksinasi covid-19 tersebut. Tentunya ini akan cepat terlaksana dengan partisipasi masing-masing kabupaten serta dibantu jajaran TNI.(zul/adv/hargo)

BACA  Gubernur Gorontalo Bersama Jajaran Ikuti Rakor di Kantor KPK RI

Komentar