Thursday, 16 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Gorontalo Usulkan Penanggungjawab Vaksinasi di Tiap Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Friday, 10 September 2021 | 20:05 PM Tags: ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Idah Syahidah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal untuk masyarakat Kecamatan Popayato, Popayato Barat dan Popayato Timur, Kamis (09/09/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Antrian panjang masyarakat yang ingin divaksin menunjukkan bahwa antusias masyarakat Gorontalo untuk mengikuti gerai vaksinasi mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi penilaian Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau gerai vaksinasi massal yang dilaksanakan pemerintah kabupaten/kota.

“Minggu lalu saya di Paguat vaksinasi untuk siswa banyak yang hadir. Kemarin di Kota Gorontalo vaksinasi massal oleh Polda Gorontalo juga menghadirkan antusiasme masyarakat. Hari ini di Popayato juga sama. Saya sangat bahagia masyarakat sudah mulai sadar penting vaksinasi tapi juga khawatir ini menyebabkan kerumunan,” kata Rusli Habibie saat meninjau vaksinasi massal di lapangan Proklamasi Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Kamis (09/09/2021).

Untuk mencegah hal tersebut, Gubernur Gorontalo mengusulkan agar tanggung jawab vaksinasi di serahkan di tiap tiap desa. Contohnya masyarakat Kecamatan Popayato kurang lebih ada 800 orang yang terbagi di 8 desa, maka aparat desa yang bertanggung jawab menyelenggarakan vaksinasi dan di bagi secara bertahap.

“Misalnya setiap hari itu di patok 50 orang yang akan divaksin di tiap-tiap desa. Begitu pula dengan desa yang lain. Kita aktifkan kembali organisasi–organisasi di desa juga. Untuk penyediaan vaksin silahkan koordinasikan dengan Satgas Covid-19 di Provinsi, para Nakes kan ada di puskesmas–puskesmas. Intinya vaksinasi tetap berjalan, tetapi kita harus tetap menjaga protkes,” ungkap Gubernur.

Usulan Gubernur ini masih akan dimatangkan. Ia mengaku tadi pagi telah menghubungi Kapolda Gorontalo untuk saran tersebut. Koordinasi Forkopimda diperlukan, ia tidak mau egois dalam hal mengambil keputusan.

“Kita akan rapatkan lagi yah, pak bupati nanti dengan seluruh forkopimda. Intinya target kita tetap sama, saya dan pak Kapolda pak Danrem menargetkan Oktober nanti 80 persen masyarakat Gorontalo harus sudah divaksin,” tutur Rusli Habibie.

Penyelenggaraan vaksinasi di Kecamatan Popayato serumpun ini diikuti oleh siswa dan masyarakat setempat. Ada tiga gerai yang dibuka di lokasi tersebut. Menurut data, setiap gerai sudah ada 200 masyarakat yang berhasil divaksin.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar