Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Ingin, Visi Misi Kabupaten/Kota Selaras dengan Pemprov Gorontalo 

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 21 Februari 2020 | 21:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat memberikan sambutan pada Rapat Kerja Penyelarasan Dokumen Perencanaan Provinsi Gorontalo tahun 2021 terhadap RPJMN 2020-2024 di Ballroom Hotel Gammara Makassar, Jumat (21/02/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, MAKASSAR – Besar keinginan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie visi – misi dari pemerintah Kabupaten/Kota se Gorontalo selaras dengan visi – misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Keinginan Gubernur itu, disampaikannya dalam Rapat Kerja Penyelarasan Dokumen Perencanaan Provinsi Gorontalo tahun 2021 terhadap RPJMN 2020-2024 di Ballroom Hotel Gammara Makassar, Jumat (21/02/2020).

“Saya sangat menginginkan visi – misi Pemerintah Kabupaten/Kota sejalan dengan visi – misi dengan Pemprov. Ini, agar tujuan pembangunan bisa tercapai,” ujar Rusli.

BACA  Blusukan di Kabila, Merlan Uloli Bantu Pemerintah Perangi Covid-19

Selain visi – misi, lanjut Rusli, sinergitas antara kepala daerah di enam kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo terus berjalan. Pasalnya, kaitannya dengan tujuan pembangunan yang ingin dicapai pemerintahannya sangat erat.

“Kadang-kadang program kita (Pemerintah Provinsi) tidak terkoneksi dan kadang-kadang juga tidak diakui, sehingga terjadi yang saya katakan raja-raja kecil di daerah,” ungkap Rusli.

Rusli mencontohkan pembangunan irigasi Randangan, Pohuwato. Ia menilai, irigasi tersebut selain menjadi urusan pemerintah provinsi juga harus di intervensi oleh pemerintah kabupaten termasuk balai sungai.

BACA  Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

“Pembangunan ini harus terkoneksi, jangan sendiri-sendiri. Ini yang harus kita pikirkan bersama, agar program-program ini bisa dirasakan oleh rakyat dan fokus pada pembangunan yang ada di daerah. Saya mohon kepada teman-teman jangan asal buat program tapi kita tidak tahu tujuan akhirnya seperti apa,” tambahnya.

BACA  MTQ Diharapkan Lahirkan Qori dan Qoriah yang Berkualitas

Ditempat yang sama, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki berharap, melalui kegiatan ini imbauan dan arahan Gubernur dapat direalisasikan.

“Kita lakukan penyelarasan kebijakan dan sasaran pembangunan dalam RKPD 2021 terhadap RPJMN 2020-2024. Kita juga melakukan sinergi dan dukungan program prioritas daerah terhadap prioritas nasional 2021. Selain itu juga melakukan pemetaan terhadap program kegiatan dalam renja OPD sesuai Permendagri 90 tahun 2019,” tutup Budi.(adv/rwf/hg)


Komentar