Minggu, 12 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Minta, LSM Awasi Penyaluran Bansos

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 23 Mei 2020 | 19:35 WITA Tag: ,
  Suasana pertemuan antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan sejumlah LSM di Provinsi Gorontalo, Sabtu (23/5/2020) di Rujab Gubernur. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se Provinsi Gorontalo siap mengawal penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga terdampak Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Ini disampaikan secara tegas oleh ketua Lembaga Pengawasan Pemerintah Provinsi Gorontalo (LP3G), Abdullah Deno Djarai usai audiens dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu (23/5/2020) di Rujab Gubernur.

“Saya bersama teman-teman LSM lain siap untuk mengawal pembagian berbagai bantuan yang disalurkan oleh Pemprov Gorontalo,” ungkap Deno Djarai.

Tujuan pengawalan ini, menurut Deno, agar bantuan tersalurkan tidak salah alamat atau tepat sasaran.

BACA  Rencana Pembukaan Sekolah Harus Dipersiapkan Lebih Matang

“Pak Gubernur mau kita semua bergandengan tangan untuk menghadapi Covid-19 di Gorontalo. Nah, untuk kita para LSM dirinya menginginkan penyaluran bantuan dikawal agar tepat sasaran,” ucap Deno.

Deno juga mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gorontalo. Khususnya aturan penutupan sementara tempat perbelanjaan non pangan.

“Kasus Covid-19 di Gorontalo makin hari, makin bertambah. Bagi saya, salah satu cara mengurainya adalah dengan pelaksanaan PSBB. Makanya, kami sangat mendukung pelaksanaan PSBB ini,” kata Deno.

Senada dengan Deno, Ketua LSM Bongkar Gorontalo, Pungki Yusuf berharap seluruh warga masyarakat Gorontalo untuk bersama-sama melawan Covid-19 di Gorontalo.

BACA  Rusli Habibie: Kearifan Lokal Gorontalo Bisa Cegah Covid-19

“Mari bersama kita melawan Covid-19,” pinta Pungki.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo Imran Bali mengatakan, atas nama Pemprov Gorontalo menyampaikan apresiasi kepada para LSM yang akan mengawal penyaluran Bansos di Gorontalo. Ditegaskannya pula, selama ini Pemprov Gorontalo selalu terbuka dengan berbagai kebijakan dan kegiatan yang dilaksanakan.

“Selama ini kita dinilai seolah-olah tertutup, padahal sebenarnya tidak. Kita selalu terbuka dengan berbagai kebijakan yang kita ambil. Dan pak Gubernur selalu mengingatkan hal ini kepada kami sebagai pelaksana kebijakan. Makanya, saya sangat mengapresiasi teman-teman LSM yang siap mengawasi penyaluran bantuan, mulai dari Bantuan Langsung Pangan Daerah (BLPD) yang dananya bersumber dari APBD Provinsi 60 % dan APBD Kabupaten/Kota 40 %, Bantuan Dinas Kumperindag Provinsi, Bantuan Langsung Tunai hingga Bantuan Sosial Tunai. Dan kalau bisa, LSM lain juga ikut bergabung mengawasi penyaluran bantuan ini agar tepat sasaran. Mari bersama kita melawan penyebaran Covid-19. Lebih baik berbuat daripada hanya diam,” jelas Imran panjang lebar.(adv/rwf/hg)

BACA  Seorang Ibu Hamil di Gorontalo Terpapar Corona

Komentar