Jumat, 5 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Minta Situs Otajin Jadi Paket Wisata Pantai Minanga

Oleh Sri Aprilia Mayang , dalam Advertorial Gorontalo , pada Minggu, 17 Januari 2021 | 10:05 WITA Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (tengah) saat menggelar rapat dengan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin (Batik Coklat) di Cotage Pantai Minanga. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Memiliki kisah mistis dengan keunikan batu alam yang tidak ditemui di daerah lain, Otajin yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Minanga itu, diminta untuk menjadi paket destinasi wisata pantai minanga. Hal itu diungkapkan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat melakukan pertemuan dengan unsur forkopimda dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Sabtu (16/01/2021) bertempat di Pantai Minanga.

Dalam kesempatan itu, Rusli juga mengatakan akan memperbaiki jalan akses menuju dua destinasi wisata yang nantinya akan dikelola oleh pemerintah provinsi Gorontalo itu, hingga sarana dan prasarana penunjang lainnya.

BACA  Gubernur Gorontalo Minta Siskamling Diaktifkan Kembali, Ini Alasannya

“Cerita mistis otajin sangat unik dan tidak temui di daerah lain, kita jadikan destinasi wisata pantai minanga ini agar sepaket dengan ota jin. Kita perlebar jalan masuknya termasuk di Otajin. Jadi nanti pengunjung pantai berhenti di Otajin sebelum menikmati pantai minanga” kata Gubernur Rusli

Menurut Rusli, cerita otajin bisa menjadi ikon destinasi di Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara, sehingga bisa menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara.
“Otajin berasal dari bahasa Gorontalo, “ota lo jin” yang berarti benteng istana jin. Otajin berbentuk gua dari bebatuan stalaktit yang runcing dan berlubang lancip. Pohon beringin raksasa tumbuh di antara bebatuan menambah kesan angker situs otajin. Dua lokasi ini harus ditata dan terintegrasi untuk menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara,” jelas Rusli.

BACA  Rusli Habibie: IOF Bukan Organisasi Kaum Elit

Tak hanya itu. Konon katanya, menurut salah satu warga setempat, bongkahan batu yang berdiri kokoh di antara hamparan sawah itu, selain kisah mistis otajin yang diyakini sebagai benteng istana jin, pantai Minanga konon memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga kelumpuhan. Pantai Minanga juga menggelar ajang tahunan mandi Safar setiap memasuki bulan kedua tahun Hijriyah yang diyakini warga bisa menolak bala.
““Ada oma-oma yang datang bersama keluarga lalu mandi di sini. Tadinya dia dibawa dengan kursi roda, tapi selesai mandi sudah bisa berjalan tertatih-tatih,” kisah Ratna Lakoro, salah satu penjual makanan di sekitar pantai, ujar Ratih penduduk warga setempat.(adv/lya/hg)


Komentar