Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gugatan Kandas di MK, KPU Tetapkan Nelson-Hendra Pemenang Pilkada di Kabgor

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo KPU , pada Sabtu, 20 Februari 2021 | 18:05 WITA Tag: , ,
  KPU Kabupaten Gorontalo saat membacakan berita acara penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2020. (Foto:Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2020.

Putusan tersebut diambil setelah dua gugatan yang diajukan paslon Rustam HS. Akili-Dicky Gobel dan Tonny S. Junus – Daryatno Gobel kandas dalam sidang putusan MK terkait Perselisihan Hasil Pilkada Kabupaten Gorontalo yang digelar pada 17 Februari 2021 kemarin.

Penetapan Paslon yang di usung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih asca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 2020 di Grand Misfalah Limboto, Sabtu (20/02/2021) .

BACA  Kodam Merdeka Tinjau Lokasi Pembangunan Secaba TNI AD di Tabongo

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Patamani dalam rapat pleno mengatakan, pihaknya menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 2 atas Nama Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto sebagai Bupati dan wakil Bupati terpilih dalam pilkada Kabupaten Gorontalo

“Menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Nomor Urut 2, Prof. Ir. H. Nelson Pomalingo M, Pd dan Hendra Hemeto, ST sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo tahun 2020,” Kata Rasyid Patamani saat membacakan Berita Acara Nomor 15/PL.02.7-BA/7501/KPU-Kab/II/2021 tersebut

BACA  Musrenbang RKPD di Tilango, Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

Rasyid Patamani menjelaskan, Sesuai dengan hasil rekapitulasi perolehan suara hasil Pilkada yang di gelar pada tanggal 16 Desember kemarin, Pasangan Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto memperoleh 93.196 Suara atau 40,44 persen dari total 230.436 suara

“Pasangan Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto memperoleh 93.196 Suara sah dalam pilkada kemarin,” ujar Rasyid Patamani

Selanjutnya, Salinan Berita acara yang telah ditandatangani oleh lima komisaris KPU Kabupaten Gorontalo yaitu Rasyid Patamani, Rasid H. Sayiu, Kadir Mertosono, Rusli Z. Boroma Utiarahman dan Rivon Umar tersebut diserahkan kepada KPU RI, Bawaslu dan DPRD Kabupaten Gorontalo, serta kepada partai Politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan paslon dan juga Paslon terpilih.

BACA  Nelson-Hendra: Terima Kasih Telah Berkompetisi dengan Sehat

Sementara itu, Dalam konferensi pers yang digelar setelah Kegiatan tersebut, Nelson Pomalingo berharap, Tak ada lagi perpecahan di tengah masyarakat setelah penetapan tersebut. Menurutnya, seluruh masukan dan ide dari semua kalangan sangat dibutuhkan dalam membangun Kabupaten Gorontalo kedepannya.

Pasangan Nelson Pomalingo-Hendra Hemeto saat menggelar konferensi pers. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)

“Kemenangan ini tidak sekedar menjadi milik 93 ribu lebih rakyat yang telah memilih kami, Kemenangan ini sudah menjadi kemenangan seluruh rakyat Kabupaten Gorontalo,” pungkas Nelson Pomalingo.(hiu/hargo)


Komentar