Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gula Aren Atinggola Kantongi Sertifikat HKI

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 27 Januari 2022 | 08:07 Tag: , , , , ,
  Penyerahan sertifikat HKI Gula Aren Atinggola oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin kepada pengurus Lembaga Indikasi Geografis Gula Aren Atinggola, Gasim Bait yang disaksikan oleh Kemenkumham. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna memagari agar tak ada pihak yang mengklaim, kini Gula Aren Atinggola mengantongi sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. Itu terlihat pada penyerahan HKI kepada Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin, Rabu (26/01/2022).

“Saat ini, produk olahan pohon aren asal Kecamatan Atinggola tersebut sudah dapat menembus pasar nusantara. Kita telah resmi menerima sertifikat HKI Gula Aren Atinggola,” kata Indra Yasin usai menerima sertifikat HKI dari Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Gorontalo.

Lanjut katanya, dengan hak paten yang telah dimiliki itu, diharapkan menjadi ikon daerah yang berdampak maju pada perekonomian khususnya perajin gula aren yang ada di Atinggola. Produk yang bersertifikat HKI, dipastikan telah memiliki keunggulannya.

“Mengingat banyak produk gula aren dari daerah lain. Namun dari sekian banyak daerah yang mengajukan, hanya gula aren Atinggola mampu lolos bersertifikat HKI. Semoga ini memacu semangat perajin untuk meningkatkan produksi dan mempertahankan kualitas,” katanya.

 Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin (kanan) saat memberi masukan kepada pengurus Lembaga Indikasi Geografis Gula Aren Atinggola, Gasim Bait (kiri), Rabu (26/01/2022) di kantor bupati. (Foto: Istimewa)

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin (kanan) saat memberi masukan kepada pengurus Lembaga Indikasi Geografis Gula Aren Atinggola, Gasim Bait (kiri), Rabu (26/01/2022) di kantor bupati. (Foto: Istimewa)

Hal lain yang diungkapkan bahwa kini Gula Aren Atinggola sementara dalam proses pemenuhan syarat sebagai produk olahan berkualitas tinggi yang dapat masuk ke pasar internasional. Tentunya hal itu, harus terus menyemangati seluruh perajin. Terutama dalam berinovasi meningkatkan kualitas dan beragam model yang diciptakan sebagai daya tarik terhadap produk yang dihasilkan.

Seperti saat ini, produk Aula Aren Atinggola dapat dijumpai dalam beragam bentuk. Ada yang berbentuk bola dari ukuran 1 kilogram hingga 5 kilogram. Ada juga yang berbentuk kotak atau balok, serta seperti cairan madu yang dapat langsung dikonsumsi dengan produk olahan pangan lainnya.

“Terkait berbentuk permen dan gula pasir, perajin diharapkan terus berinovasi dalam memproduksi gula aren khas daerah ini, disamping tetap mempertahankan kualitas rasa,” ujar Indra Yasin.

Sementara itu, pemerintah daerah berharap, pihak Asosiasi Gula Aren Kabupaten, dapat memfasilitasi seluruh perajin agar dapat memanfaatkan HKI tersebut. Khususnya dalam meningkatkan produksi, menjaga kualitas termasuk kebersihan olahan. Juga berinovasi dalam menciptakan kemasan sebagai daya tarik produk, serta memudahkan pemasarannya di Nusantara.

“Tinggal selangkah lagi, produk Gula Aren Atinggola akan Go Internasional. Kita berharap mimpi itu segera menjadi kenyataan agar produk khas dari Gorontalo Utara dapat dipasarkan global dan ikut mengharumkan nama daerah di dunia,” kuncinya.

Usai menerima sertifikat HKI dari Kemenkumham RI, Indra Yasin meneruskan ke Lembaga Indikasi Geografis Gula Aren Atinggola, Gasim Bait. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 4.274 times, 1 visits today)

Komentar