Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Guru Merupakan Komponen Penting Perjuangan Bangsa

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 25 November 2021 | 19:05 PM Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu pada peringatan HUT ke 76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu ,menegaskan bahwa guru merupakan komponen penting dalam perjuangan bangsa. Juga merupakan garda terdepan dalam upaya mewujudkan tujuan bernegara. 

“Ini adalah satu kebanggaan bagi kita semua, bahwa para guru adalah garda terdepan dalam upaya mewujudkan tujuan bernegara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Di mana, para guru memiliki peran yang sangat strategis,” kata Thariq Modanggu saat mencanangkan penanaman 1.000 pohon dalam rangka memeriahkan HUT ke 76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Gorontalo Utara yang dipusatkan di Kecamatan Monano.

Lanjut katanya, pada Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI ini, merupakan satu momentum yang sangat penting bagi para guru dalam rangka merekatkan kembali, mewujudkan kembali cita-cita organisasi ini berdasarkan kongres yang pertama. Yakni, 100 hari setelah kemerdekaan, yaitu 25 November 1945. 

“Kemudian berdasarkan keputusan presiden nomor 78 tahun 1994 atau 27 tahun yang lalu, ditetapkan menjadi hari ulang tahun PGRI dan hari guru nasional,” paparnya. 

Oleh sebab itu, Ia mengatakan, organisasi guru sudah ada sejak lama. Bahkan, sejak masa kemerdekaan begitu banyak organisasi yang muncul untuk mewadahi para guru menjadi organisasi profesi, organisasi ketenagakerjaan, kemudian organisasi perjuangan, termasuk memerdekakan diri. 

“Sehingga para guru patut berbangga, karena merupakan bagian dari perjuangan bangsa di awal kemerdekaan. Dan bahkan hingga saat ini, para guru menjadi garda terdepan dalam mewujudkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar