Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Guys Lakukan Hal ini, Anda Seperti Berolahraga 45 Menit

Oleh Fajriansyach , dalam LifeStyle , pada Kamis, 12 Juli 2018 | 19:32 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di PLOS menemukan bahwa satu menit melakukan latihan dengan intensitas tinggi memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan Anda melakukan latihan dalam waktu yang cukup lama.

“Ini adalah strategi latihan yang sangat efisien dalam hal waktu,” kata seorang profesor kinesiologi di McMaster dan penulis utama studi ini, Martin Gibala, seperti dilansir laman MSN, Rabu (11/7).

“Semburan singkat latihan intens sangat efektif,” jelas Gibala.

Untuk penelitian ini, Gibala dan timnya merekrut sebanyak 27 pria yang menjalani gaya hidup kurang gerak dan membagi mereka menjadi tiga kelompok.

BACA  Ini Dia 4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Dua dari kelompok diminta untuk melakukan tiga sesi latihan mingguan selama 12 minggu.

Kelompok pertama melakukan pelatihan interval sprint dan kelompok kedua melakukan pelatihan berkelanjutan dengan intensitas sedang. Kelompok ketiga tidak berolahraga sama sekali.

Sementara pelatihan berkelanjutan intensitas sedang melibatkan lima kali lebih banyak latihan dan peningkatan lima kali lipat dalam komitmen waktu.

Setelah 12 minggu pelatihan hasilnya adalah serupa di antara pria dalam kelompok latihan intensitas tinggi dan kelompok latihan moderat.

BACA  7 Manfaat Ajaib Daun Pisang untuk Kesehatan

Pelatihan interval Sprint meningkatkan baik sensitivitas insulin dan daya tahan hingga 20 persen. Ini juga meningkatkan produksi energi dan konsumsi oksigen di otot pria.

“Kebanyakan orang menyebut ‘kurangnya waktu’ sebagai alasan utama untuk tidak aktif,” kata Gibala.

“Studi kami menunjukkan bahwa pendekatan berbasis interval bisa lebih efisien – Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran yang sebanding dengan pendekatan tradisional, dalam waktu yang lebih singkat,” tambah Gibala.

Gibala telah mempelajari pelatihan interval selama lebih dari 10 tahun dan merupakan peneliti pertama yang menunjukkan bahwa beberapa menit per minggu latihan intens menghasilkan manfaat yang sebanding dengan latihan berkelanjutan yang lebih panjang.

BACA  Trend Busana Muslim Jelang Ramadan

“Prinsip-prinsip dasar berlaku untuk banyak bentuk latihan. Menaiki beberapa anak tangga pada jam makan siang bisa memberikan latihan yang cepat dan efektif dan manfaat kesehatannya signifikan,” pungkas Gibala.

Melakukan jenis olahraga apa pun adalah hal yang luar biasa, tetapi jika Anda terdesak waktu, lakukan latihan intensitas tinggi.(fny/jpnn)


Komentar