Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hadapi Era Destruktif, Organda Harus Berinovasi

Oleh Mufakris Goma , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 13 Februari 2020 Tag:
  Suasana pelaksanaan Musda III Organda Provinsi Gorontalo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Kamis (13/02/2020). (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menghadapi era destruktif, Oraganisasi Angkutan Daerah (Organda) wajib berinovasi. Demikian penegasan Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim ketika memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) III Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Gorontalo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Kamis (13/2/2020).

“Organda harus berinovasi. Salah satu cara merealisasikannya, dengan memilih pengurus yang kapabel dan akseptabel, serta mampu membawa Organda menjadi organisasi yang maju berbasis teknologi. Sebab, sekarang sudah serba cepat, semua berbasis daring. Ini yang menjadi tantangan pengurus Organda,” tegas Wagub.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim mengingatkan posisi strategis Organda dalam ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh pemerintah saat ini bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas dan konektivitas untuk memperlancar arus lalu lintas orang, barang dan jasa.

“Di situlah peran dan fungsi Organda. Kelancaran arus barang dan jasa sangat mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Inilah salah satu hal yang perlu dievaluasi dalam Musda ini untuk melihat sudah sejauhmana peran Organda Provinsi Gorontalo bagi pemerintah, masyarakat, maupun anggotanya,” ujar Wagub Idris Rahim.

Sementara itu, terkait kendala perizinan angkutan yang dihadapi oleh DPD Organda Provinsi Gorontalo, kepada Ketua Umum DPP Organda Andre Djokosoetono yang turut hadir pada pembukaan Musda tersebut, Wagub Idris Rahim menyarankan agar pengurusan izin tersebut bisa dilakukan di tingkat provinsi.

“Saya berharap Ketua Umum DPP Organda bisa mempertimbangkan agar izin-izin itu bisa diurus di tingkat provinsi saja. Kalau semuanya harus diurus ke pusat, tentunya butuh biaya yang besar,” pungkas Wagub Idris Rahim.

Selain Ketua Umum DPP Organda Andre Djokosoetono, turut hadir pada pembukaan Musda DPD Organda Provinsi Gorontalo tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto, Sekretaris Jenderal DPP Organda Ateng Aryono, Koordinator Wilayah Organda Sulawesi Syamsudin Baco, pengurus DPD Organda se Sulawesi, serta sejumlah perwakilan dari instansi terkait.(adv/rwf/hg)