Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hadapi Pilkades, 27 Penjabat Kades Ikuti Pembinaan 

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Pohuwato , pada Senin, 3 September 2018 | 01:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 27 Penjabat Kepala Desa (Kades) mengikuti Pembinaan di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (31/8). Pembinaan ini dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada November mendatang. Rapat atau pembinaan tersebut dilakukan oleh Sekda Djoni Nento didampingi Assisten Bidang Pemerintahan Fitser Mohune dan Kadis PMD Tasrief Haras.

Dikatakan Sekda Djoni Nento, waktu yang ada ini sekiranya dapat menjadi perhatian terutama bagaimana mensukseskan Pilkades serentak di masing-masing desa. Dan itu tentu menjadi tanggungjawab besar bagi Penjabat Kades.

“Karena sudah diberi tanggungjawab maka laksanakan tanggungjawab tersebut dengan baik, terutama bagaimana di desa itu dilaksanakan pesta demokrasi Pilkades. Artinya, pada Pilkades serentak desa-desa yang dijabat oleh Penjabat Kades harus menghasilkan Kades defenitif. Olehnya mulai sekarang persiapkan segala hal terutama kesiapan dari calon Kades serta jalani aturan sesuai regulasi yang berlaku sehingga proses Pilkades ini dapat sukses terlaksana,” pintanya.

Disisi lain kata Sekda Djoni Nento, dari 27 Penjabat Kades ada sekitar 2 desa yang melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW). Namun begitu meski hanya PAW tetap saja pelaksanaannya harus berjalan dengan sukseskan.

Kadis PMD Tasrief Haras menambahkan, desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak sebanyak 27 desa yang terdiri dari 25 desa untuk Kades defenitif dan 2 desa lagi Kades PAW. Dua desa yang akan PAW yakni Desa Taluduyunu Utara Kecamatan Buntulia dan Desa Molosipat Utara Kecamatan Popayato Barat, kedua Kades di desa tersebut meninggal dunia sehingga dilakukan PAW.

“Selanjutnya tugas lain dari Penjabat Kades yakni akan mengantarkan APBDes 2019. Jadi, nantinya Kades terpilih akan menjalankan APBDes yang disepakati bersama oleh Penjabat Kades dan BPD. Olehnya diharapkan kedua agenda besar ini dapat disukseskan pula oleh para Penjabat Kades,” pungkasnya. (mg01/gp/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar