Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hamim Pou Paparkan Penerapan ETP Lewat Webinar Nasional

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Kamis, 9 Juli 2020 | 05:04 WITA Tag:
  Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat mengikuti Webinar Nasional Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (8/07/2020). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di ruang rapat besar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Bupati Kabupaten Bone Bolango Hamim Pou tampil all out sebagai narasumber dalam kegiatan Webinar Nasional Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP), dalam rangka Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah menuju New Normal, Rabu (08/07/2020).

Hamim Pou menjadi 1 dari 3 kepala daerah di seluruh Indonesia yang menjadi pembicara pada webinar yang diikuti lebih dari seribu peserta se Indonesia.

Webinar tersebut digelar dalam rangka membahas tentang ETP, yang merupakan upaya dalam mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemda dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital. Guna mendukung peningkatan PAD, Transparansi dan Akuntabilitas, serta perbaikan kualitas ease of doing business.

BACA  Bone Bolango Kembali ke Zona Merah, Ini Permintaan Bupati

Pada kesempatan itu, Hamim Pou tak lupa menyampaikan apresiasinya karena pemerintah Bone Bolango dipilih sebagai nara sumber dalam pelaksanaan webinar ini.

Bupati Hamim Pou memaparkan, transaksi secara online telah dilaksanakan di Bone Bolango hingga ke tingkat desa, di mana ada 2 hal yang telah dilakukan pihaknya dalam mendukung implementasi ETP di Bone Bolango

BACA  Hadapi Bencana, Ini Anjuran Wagub Gorontalo

“Kami di Bone Bolango terus melakukan efisiensi kemudian memperbaiki kinerja, karena kami percaya efisiensi itu akan membuat anggaran-anggaran yang tidak perlu untuk kita alihkan membiayai sektor publik, dan yang kedua dengan kinerja yang baik kita akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan berupa dana insentif daerah,” ujar Hamim Pou.

Lanjut bupati yang terkenal ramah kepada rakyatnya itu menjelaskan, dimana pihaknya sejak 2017 sudah menerapkan transaksi online. Selain itu tidak hanya di pembayaran gaji, melainkan di tunjangan kinerja dan pemanfaatan alokasi dana desa juga berbasis online.

BACA  Minta Dukungan SDM, Gubernur Temui Kepala BPKP Pusat

“Mungkin lusa nanti kami akan melaunching penerapan QRIS di lokasi-lokasi wisata yang ada di Bone Bolango,” jelas Hamim Pou.

Seperti yang direlease oleh Dinas Kominfo Bone Bolango, turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Perwakilan BI Gorontalo Budi Widihatano, Sekda Ishak Ntoma, Kadis BPKD Jusni Bolilio, Kadis PTSP Jumaidil, serta Kabag Umum Protokol dan Dokumentasi Rizal A. Djunaid. (zul/adv/hg)


Komentar