Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hamim Pou Terpaksa Bujuk Sepasang Lansia Agar Mengungsi

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Kab. Bone Bolango Kabar Politik , pada Jumat, 11 September 2020 | 14:05 WITA Tag:
  Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat berbincang-bincang dengan sepasang lansia korban banjir di Desa Mamungaa Timur, Kecamatan Bulawa Kamis (10/09/2020). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Banyak hal yang ditemui oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat datang meninjau langsung situasi dan kondisi warga terdampak banjir bandang di 3 desa di Kecamatan Bulawa.

Di sela sela kunjungannya bersama para Anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango pada Kamis (10/09/2020), bupati yang dikenal dengan segudang prestasi itu tiba-tiba menemukan sepasang suami isteri berusia lanjut, sedang duduk di dalam bangunan rumah mereka yang sudah hampir roboh.

Secara spontan Hamim Pou bersama rombongan menghampiri kedua orang lansia tersebut, yang menurut Aparat Desa setempat tidak ingin meninggalkan rumah mereka yang sudah hampir roboh akibat diterjang banjir bandang.

BACA  Diputuskan Tak Ada Pelanggaran, Hamim Pou Lolos Jeratan Pasal 71

Saat dihampiri dan ditanyai bupati, kedua orang warga itu mengaku merupakan warga asal Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara yang telah lama tinggal di rumah bantuan dari Pemerintah Desa Mamungaa Timur, karena lokasi kebun yang mereka jaga berada tak jauh dari lokasi tempat tinggalnya.

Suasana haru pun pecah, saat Hamim Pou berusaha membujuk sepasang lansia itu untuk mengungsi ke Posko darurat bencana, karena rumah yang mereka tinggali, 70 persen bagian bangunannya telah roboh dan tertimbun material banjir bandang.

BACA  Hindari Kerumunan, Disdukcapil Bone Bolango Lanjutkan Layanan Online

Dengan penuh rasa haru dan prihatin serta mata yang berkaca-kaca, Hamim Pou berusaha membujuk keduanya untuk mau diungsikan ke posko yang telah disediakan, sambil menunggu sampai rumah mereka diperbaiki.

Setelah beberapa saat berdialeg menggunakan bahasa Gorontalo, Bupati Hamim Pou akhirnya berhasil membujuk kedua lansia itu.

Momen itupun mengundang perasaan haru rombongan lainnya, karena dengan usia yang terbilang lanjut, sepasang suami isteri itu masih ingin bertahan di rumah mereka meski sudah akan roboh.

BACA  Nyatakan Dukungan, Sejumlah Tokoh Siap Menangkan Hamim - Merlan

Mereka mengaku masih tidak menyangka, bencana ini terjadi dan menghancurkan satu-satunya rumah tempat mereka tinggal, apalagi rumah tersebut hanyalah rumah bantuan dari pihak pemerintah.

Bupati kemudian menyemangati keduanya untuk tetap bersabar dan tabah serta terus berdoa dalam menghadapi cobaan ini. Hal serupapun dilakukan Hamim Pou bersama rombongan disetiap menjumpai warga korban banjir bandang di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango.(zul/hg)


Komentar