Rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-22 Provinsi Gorontalo di Ruang Rapat DPRD, Senin (5/12/2022).

Hamka Hendra Noer Ungkap Sejumlah Capaian Gorontalo di HUT ke 22

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo terus melakukan pembenahan infrastruktur yang ada di daerah itu. Pembangunan yang juga didukung oleh Kementerian PUPR tersebut dilakukan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antar wilayah. 

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan, pembenahan infrastruktur tersebut diantaranya yaitu peningkatan Jalan Molingkapoto Kwandang, di Kabupaten Gorontalo Utara serta Jalan Taludaa yang merupakan jalur akses penghubung Provinsi Gorontalo dan Sulut. 

banner 728x485

“Di dalam kota bisa kita lihat ada peningkatan Jalan Prof. John Ario Katili yang anggarannya bersumber dari dana PEN,” kata Hamka Hendra Noer dalam Rapat Paripurna ke-101 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-22 Provinsi Gorontalo di Ruang Rapat DPRD, Senin (5/12/2022). 

Dalam rapat paripurna yang turut dihadiri unsur Forkopimda serta jajaran Bupati Walikota se Provinsi Gorontalo tersebut, Hamka Hendra Noer juga mengungkapkan sejumlah pencapaian yang diperoleh beberapa tahun terakhir. 

Di tahun 2022 ini, kata Hamka Hendra Noer, beberapa kinerja menunjukkan adanya perbaikan, seperti Indeks Pembangunan Manusia yang mencapai 69,81 point atau mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021 sebesar 69,00 point. 

Di bidang ekonomi, lanjut Hamka Hendra Noer, juga terjadi pertumbuhan sebesar 4,09 persen pada triwulan III. Disisi lain, tingkat pengangguran terbuka turun hingga 2,58 persen pada Agustus 2022.

“Namun demikian, perbaikan yang terjadi pada kinerja peningkatan ekonomi dan penurunan tingkat pengangguran masih belum cukup mempengaruhi penurunan tingkat kemiskinan dan ketimpangan di Provinsi Gorontalo yang justru mengalami peningkatan,” Katanya menjelaskan. 

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf mengatakan, peringatan HUT ke- 22 Provinsi Gorontalo ini jangan hanya semata-mata untuk mengenang dan berbagi cerita dan kegiatan seremonial, tetapi juga sebagai wahana retrospektif, introspektif dan prospektif.

“Marilah kita jadikan hari kelahiran ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya nyata. Kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas demi meraih cita- cita masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.(*) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *