Kamis, 20 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hamzah Sidik Nilai Penanganan Banjir Masih Parsial

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Jumat, 3 Desember 2021 | 07:05 AM Tag: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorut, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap penanganan banjir yang ada di Gorontalo Utara (Gorut) harus dilakukan secara menyeluruh. Tak boleh dilakukan secara bertahap atau parsial.

Ini ditegaskan Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Hamzah Sidik yang mana menurutnya daerah harus dapat membuat perencanaan secara menyeluruh dalam menangani persoalan banjir yang ada di daerah ini. Menurut Hamzah Sidik, selama ini pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana banjir dapat dikatakan pelaksanaannya secara parsial. 

“Daerah tidak memiliki desain ataupun mapping yang jelas serta tidak melalui kajian secara kolektif antar instansi,” ungkapnya.

Pelaksanaannya oleh instansi juga masih sendiri-sendiri baik itu yang dilakukan oleh BPBD maupun dinas Pekerjaan Umum (PU). Hal tersebut, kata Hamzah Sidik baru terungkap dalam diskusi tersebut bahwa ternyata daerah belum memiliki desain terhadap penanganan banjir.

Lebih lanjut dikatakan, oleh Hamzah Sidik bahwa jika seandainya ada pernyataan diluar, baginya itu merupakan pernyataan yang sifatnya masih berupa asumsi karena belum didukung oleh satu perencanaan yang matang. 

“Karena kita belum mengetahui anggaran yang dibutuhkan dalam rangka melakukan penanganan banjir secara komprehensif,” tegasnya. 

Olehnya, untuk mengetahui berapa sebenarnya anggaran yang dibutuhkan dan seperti apa nantinya penanganan yang dilakukan, maka kata Hamzah Sidik, perlu untuk pemerintah daerah Gorontalo Utara untuk membuat satu desain yang secara utuh dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terkait dan setelahnya DPRD akan melakukan rasionalisasi. 

“Perlu untuk melihat dan menghitung, skemanya bagaimana, terhadap penanganan banjir, read mapnya bagaimana. Tentunya yang kami sampaikan ini sebagai bentuk kontribusi, bagaimana mendorong pemerintah daerah untuk dapat memperhatikan, membahas dan merealisasikannya dalam waktu dekat ini,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar