Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hanya 5 Jam, Rp 3,5 Miliar Uang Baru Ludes

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 8 Juni 2018 | 15:00 Tag:
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Animo masyarakat Gorontalo akan kebutuhan uang baru untuk budaya zakati pada hari raya Idul Fitri nanti sungguh sangat besar. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu 5 jam saja, uang pecahan kecil senilai Rp 3,5 Miliar habis pada kegiatan penukaran uang baru pecahan kecil yang digelar Bank Indonesia (BI) di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, kemarin Kamis (7/6).

Angka Rp 3,5 Miliar yang habis dalam waktu 5 jam itu rupanya jauh lebih besar dari tahun sebelumnya. Itu merupakan bukti bahwa kebutuhan uang baru sangat besar. Sebelumnya, saat penukaran di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo setahun silam itu, uang yang habis ditukarkan masyarakat hanya senilai Rp 2,8 Miliar saja.

Dari pantauan Gorontalo Post, masyarakat sudah berkumpul di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo sejak pukul 07.00 Wita. Padahal, penukaran uang baru pecahan kecil baru akan dilaksanakan satu jam kemudian. Saat itu pula, ada sekitar 900 kupon antrian yang disediakan BI juga sudah habis.

Bahkan pada saat kegiatan penukaran, sempat terjadi sedikit insiden pada antrian karena ada beberapa warga yang kelihatannya sudah tidak sabar. Beruntung petugas yang berjaga langsung mengatasinya sehingga antrian warga bisa tertib seperti semula.

Salah satu warga warga Kota Gorontalo, Zamroni, mengaku ingin menukar uang pecahan kecil untuk kebutuhan pada lebaran Idul Fitri nanti. Dia pun menggunakan semua kuota yang disediakan BI, yakni pecahan Rp 20.000,- senilai Rp 2 Juta, pecahan Rp 10.000,- senilai Rp 1 Juta, pecahan Rp 5.000,- senilai Rp 500 Ribu dan pecahan Rp 2.000,- senilai Rp 400 Ribu. “Biasa pak, untuk pake zakati,” kata Zamroni.

Pada kesempatan itu, Kepala BI Perwakilan Gorontalo, Ricky Perdana Gozali, menjelaskan bahwa pihaknya sangat menyadari akan kebutuhan pecahan uang kecil yang baru untuk masyarakat Gorontalo dalam rangka menyambut Idul Fitri.

Olehnya, BI pun melakukan kegiatan penukaran langsung kepada seluruh masyarakat. “Ini mungkin sudah menjadi tradisi jelang Idul Fitri. Ini juga berkat izin dari pak gubernur dan memberikan tempat di rumah jabatan sebagai lokasi penukaran uang,” jelas Ricky.

Melihat masih banyak yang belum mendapatkan pelayanan, Ricky berharap agar masyarakat bisa tenang. Karena penukaran masih akan dibuka pada hari ini, Jumat (8/6), di rumah jabatan Gubernur. “Kegiatannya sama, mulai pukul 8 pagi. Alhamdulillah, pelayanannya berjalan lancar karena kita dibantu juga oleh 14 bank yang ada di Gorontalo,” pungkasnya.(axl/gp/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar