Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harga Bawang Merah Tembus Rp 45 Ribu

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 15 Maret 2016 | 18:06 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Kenaikan harga barito (bawang, rica, tomat) di pasar tradisional tidak terelakkan lagi. Kenaikan harga barito rata-rata berada diatas 30 persen.

Dari informasi yang dirangkum Gorontalo Post (Group Hargo.co.id), harga rica atau cabe rawit kini berada di posisi Rp 65 Ribu per kilogram untuk harga tertinggi.

Padahal, lebih dari sepekan yang lalu, harga rica rata-rata berkisar Rp 45 Ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah, kini tembus Rp 45 Ribu per kilogram. Sekitar dua pekan sebelumnya, harga bawang merah berkisar Rp 32 Ribu per kilogram. Untuk harga tomat juga mengalami kenaikan, yakni Rp 8.000 per kilogram.

BACA  Syukuran HUT Gubernur Gorontalo Dilakukan Secara Virtual

Menurut sejumlah pedagang barito di pasar tradisional Marisa, hampir sebagian kebutuhan cabe rawit dan bawang merah dipasok dari daerah tetangga. Saat ini, pasokannya pun relatif mulai berkurang. “Harganya terpaksa dikasih naik karena barang dari luar so mulai berkurang olo,” ujar Mat, salah seorang pedagang barito.

BACA  Ini Alasan Gaji 13 Empat Daerah di Gorontalo Ditunda

Disperindag dan Invesda Kabupaten Pohuwato melalui Kabid Perdagangan Ibrahim Kiraman ketika dikofirmasi membenarkan hal itu. Menurut dia, saat ini pihaknya terus memantau keadaan harga-harga pasar tradisional mulai dari Kecamatan Paguat hingga ke Popayato Barat. “Yang tertinggi memang di Marisa,” kata Kiraman.

BACA  Diskominfotik Gorontalo Gelar Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat dan Aman

Ditanya soal operasi pasar, Kiraman menyampaikan belum saatnya pihaknya bertindak. Namun, jika diperlukan operasi pasar akan dilakukan jika harga-harga kebutuhan tidak terkontrol dan tidak lagi berpihak kepada konsumen. “Kami terus memantau perkembangannya,” pungkasnya.(axl/hargo)

 


Komentar