Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harga Rica Capai Rp 100 Ribu per Kg

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi Headline , pada Senin, 6 Februari 2017 | 23:22 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Harga cabe rawit atau rica di Gorontalo semakin tak terkendali. Jika beberapa hari lalu, rica dibanderol Rp 80 ribu per kg, kini di beberapa pasar tradisional, rica dibanderol mulai Rp 90-100 ribu, mengalami kenaikan dikisaran Rp10-20 ribu per kg.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, Ahad (5/1), di Pasar Dungingi, Pasar Liluwo dan beberapa pasar lainnya, harga rica dibanderol pedagang Rp 90 ribu per kg, sementara di Pasar Telaga dijual Rp 100 ribu per kg.

BACA  Akses Menuju SDN 12 Tabongo Butuh Perhatian 

“Kelangkaan rica ini sudah dirasakan 2 bulan ini, tapi puncak kenaikan harga rica ini pada sabtu kemarin, sampai-sampai untuk daerah Kota Gorontalo saja, harga rica sampai Rp 125 ribu, begitu juga untuk daerah Bongomeme sampai 100 ribu per kg-nya” ungkap Cuni Hida, pedagang rica.

BACA  Terus Menguat, Rupiah Berpeluang ke Level 14.200 Hari Ini

Menurut Cuni, pasokan yang sangat sedikit serta iklim yang tidak menentu menjadi pemicu kelangkaan harga rica.

Dia mencontohkan, pada awalnya harga rica hanya berkisar Rp 5 ribu per kg, sejumlah petani memutuskan untuk menebang pohon rica mereka karena harga relatif murah.

BACA  Jual Trihexyphenidyl, Seorang Pria di Bone Bolango Diringkus Polisi

Namun sejak harga rica mulai naik, banyak para petani menanam kembali namun hasil yang didapatkan kurang memuaskan, sehingga pasokan rica di pasaran mengalami penurunan.(tr-56/hargo)


Komentar