Hari Bhakti PU, Boalemo Sabet Juara Terbaik Pamsimas 

Asisten I Setda Boalemo, Fatlina Podungge SPd MSi mewakili Bupati Boalemo Darwis Moridu pada puncak peringatan Hari Bhakti PU ke 74 tahun 2019 tingkat Provinsi, Selasa (03/12/2019). (Foto Istimewa)

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Akhir 2019, Kabupaten Boalemo mengukir prestasi terbaik di tingkat Provinsi Gorontalo. Prestasi ini berupa juara umum pengelolaan Penyedian Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas). Gelar itu disabet pada puncak peringatan Hari Bhakti PU ke 74 Provinsi Gorontalo, Selasa (03/12/2019).

Adapun tiga desa finalis tersebut masing-masing Desa Olibuu Kecamatan Paguyaman Pantai menempati juara umum ditambah dua desa, masing-masing Desa Dimito dan Desa Mutiara Kecamatan Paguyaman masuk 6 nominasi finalis se Provinsi.

Dari prestasi dipersembahkan itu yakni kelompok masyarakat pengelola SPAM Desa Olibuu mendapat hadiah berupa umrah dan bonus uang tunai senilai Rp 20 juta dari panitia Pemprov Gorontalo dihadiri Wagup Idris Rahim, Kadis PU-PR Provinsi Ir. Handoyo Sugiharto MM dan pejabat tinggi lainnya.

Asisten I Setda Boalemo Fatlina Podungge SPd mewakili Bupati Boalemo H. Darwis Moridu mengungkapkan bahwa dari 6 finalis terbaik ditetapkan Pemprov Gorontalo pada peringatan Hari Bhakti PU ke 74 tahun 2019 oleh Pemkab Boalemo berhasil menempati 3 finalis kejuaraan pengelolaan Pamsimas.

Ketiganya masing-masing juara pertama diraih Desa Olibuu Kecamatan Paguyaman Pantai disusul 2 finalis lain, Desa Dimito dan Mutiara.

“Dulunya Desa Olibuu Kecamatan Paguyaman merupakan desa sangat terpencil yang sulit akan kebutuhan sarana air minum. Namun, berkat program Pamsimas oleh kelompok masyarakat setempat kemudian memanfaatkan dan mengelola Spam secara kelembagaan melalui kelompok sarana pengelola air minum (SPAM). Sampai akhirnya, Desa Olibuu saat ini sukses mencapai 5 pilar dalam pemenuhan aspek kebutuhan air bersih bagi masyarakatnya. Keberhasilan Desa Olibuu ini oleh Pemprov Gorontalo memberikan penghargaan umroh,” jelas Fatlina Podungge bersama Supandra Nur.

Dari prestasi pengelolaan SPAM ini lanjut keduanya, setidaknya kado istemewa bagi Pemkab Boalemo dibwah kendali Bupati H. Darwis Moridu dipenghujung akhir tahun 2019. Ini pun diharapkan satu motivasi bagi semua unsur agar lebih maju dalam meningkatkan program pembangunan dan pemenuhan layanan dasar bagi masyarakat sampai ke penjuru desa di Kabupaten Boalemo. (adv/nrt/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *