Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hari Ini, BI Layani Penukaran Uang di Taruna

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 27 Juni 2016 | 13:04 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Mau bagi-bagi zakati tapi tidak punya pecahan uang kecil ? Gampang. Bank Indonesia (BI) perwakilan Gorontalo akan membuka layanan penukaran uang di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo, besok, Selasa (28/6). Rencananya, layanan penukaran uang tersebut akan dibuka selama tiga hari, hingga Kamis (30/6).

“Rencananya, kita buka mulai jam 9 pagi,” ujar Unggul Priatna selaku Manajer Unit Komunikasi, Koordinasi dan Kebijakan KPw BI Gorontalo. Untuk penukaran uang kali ini, BI Gorontalo membatasi penukaran tersebut sebesar Rp 3,7 Juta per orang. Rinciannya, Rp 200 Ribu untuk pecahan Rp 2.000, Rp 500 Ribu untuk pecahan Rp 5.000, Rp 1 Juta untuk pecahan Rp 10.

BACA  Wagub: Empat Kabupaten di Gorontalo Jadi Lokus Perhatian Penanganan Stunting

Ribu dan Rp 2 Juta untuk pecahan Rp 20 Ribu. “Kalau mau ikut antrian, boleh lebih dari itu (batas penukaran tertinggi,red),” sambung Unggul.
Selain itu, pada penukaran uang pecahan kecil ini, BI juga akan menerima penukaran uang lusuh maupun yang sudah robek. “Pokoknya dibawa semua, uang yang sudah lusuh. Pada penukaran ini, itu juga sasaran kita mau menarik uang yang sudah lusuh. Kalau yang sudah robek, nanti dilihat lagi, yang penting fisiknya (yang robek) tidak melebihi 45 persen,” jelasnya.

BACA  Penanganan Stunting dan Pernikahan Anak Jadi Fokus Utama BKOW Gorontalo

Unggul Priatna juga mengungkapkan, pada penukaran ini pihaknya tidak akan memerlukan syarat-syarat dokumen berupa KTP dan sebagainya serta syarat administratif. Dia menegaskan, penukaran uang receh ini gratis tanpa ada potongan. “Gak usah pakai KTP segala, cukup bawa uang saja. Dan saya tegaskan, ini gratis dan tidak ada potongan. Kalau syarat dari saya, cukup menjaga ketertiban saat mengantri, itu saja,” pungkasnya.

BACA  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim, Meniti Karir Mulai dari PNS Golongan Satu

Sebelumnya, seperti yang telah disampaikan Kepala KPw BI Gorontalo, Suryono, saat buka puasa bersama wartawan beberapa waktu lalu, pihaknya telah menyediakan sedikitnya Rp 7 Miliar untuk penukaran uang pecahan kecil tersebut. Nilainya naik lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni hanya mencapai Rp 3 Miliar.(axl/hargo)


Komentar