Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harumkan Nama Daerah, Tenilo Jawara Desa Wisata Nusantara 2019

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Kamis, 12 Desember 2019 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Nama baik Provinsi Gorontalo kembali harum di mata pemerintah pusat. Itu setelah keikutsertaan Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo para Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Terlebih ketika Desa Tenilo berhasil menyandang penghargaan sebagai nominasi 10 besar tingkat nasional kategori wisata berkembang Pantai Kota Ratu.

Tak pelak lagi, Desa Tenilo mendapat bonus senilai Rp 400 juta dari Kemendes-PDTT RI. Bonus tersebut merupakan bantuan pembangunan sarana dan prasarana pendukung Destinasi Wisata Pantai Kota Ratu.

Bonus ini diterima langsung Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama Kades Tenilo Rapli Biya didampingi Dinas Sosial-PMD, Dinas Pariwisata bertempat di Tebing Breksi Kabupaten Lamongan Yogyakarta Selasa (10/12/2019).

Diraihnya penghargaan ini terbilang memang tidak mudah. Pasalnya, Desa Tenilo sebagai duta Kabupaten Boalemo dan Provinsi Gorontalo semula ditetapkan 28 besar menuju tiket 10 besar terbaik Desa Wisata Nusantara tahun 2019 oleh tim juri Kemendes-PDTT.

BACA  Polemik Petani Plasma dan PT. ASS Temui Titik Terang

Walhasil, kerja keras dan optimis kuat Pemkab Boalemo bersama Pemdes Tenilo, BUMDes dan dukungan moril Bupati Hi. Darwis Moridu bersama pimpinan DPRD, lintas OPD teknis hingga masyarakat luas, akhirnya Desa Tenilo mampu meraih 10 besar kategori terbaik ke 5 Wisata Berkembang.

Dukungan Bupati Darwis Moridu bersama pimpinan DPRD kembali ditunjukkan ketika pemaparan wisata Pantai Kota Ratu di hadapan tim juri Kemendes-PDTT menuju ticket 3 besar terbaik nasional.

Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu dalam kesempatan itu menyampaikan, prestasi diraih Desa Tenilo dalam nominasi 10 besar terbaik tingkat nasional kategori wisata berkembang untuk Pantai Kota Ratu 2019 merupakan bentuk penghargaan bagi daerah dan seluruh elemen masyarakat Boalemo.

Prestasi ini pun tak lepas dari kerja keras dan dukungan moril seluruh komponen dan stakeholder. Entah itu, DPRD Boalemo, lintas OPD, peran penuh Pemdes Tenilo, BPD, BUMDes dan antusias masyarakat setempat. Karena itu, ia tak ketinggalan memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada seluruh komponen.

BACA  Tekankan Transparansi Dana Desa 2020, Ini Dilakukan Pemda Boalemo

Sementara itu, Plt. Kadis Sosial-PMD Ulkia Kiu SE.MSi menyampaikan penghargaan berupa piagam dari Kemendes-PDTT ditambah bantuan dana Rp 400 juta diterima langsung Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama Kades Tenilo Rapli Biya berlangsung di Tebing Breksi Lamongan, Yogyakarta.

Itu lantas menjadi sebuah kebanggan seluruh elemen masyarakat di Boalemo. Bentuk kebanggaan itu, oleh kalangan warga bersama aparatur sipil negara, unsur pemerintah desa (Pemdes) Tenilo, kecamatan dan pelajar di Boalemo menjemput rombongan Bupati Boalemo H. Darwis Moridu setibanya dari Jakarta.

Rombongan Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu disambut antusias elemen warga usai menerima piagam penghargaan Desa Wisata Nusantara 2019 dari Kemendes-PDTT RI di perbatasan natara Boalemo dan Kabupaten Gorontalo. (Foto Istimewa/Humas Boalemo)

Mereka berbondong-bondong mengarak rombongan Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama Kades Tenilo Rapli Biya dari Bandara Djalaludin dan wilayah perbatasan Kabgor, tepatnya di Jembatan Desa Tangkobu. Selanjutnya dikawal menuju rumah jabatan bupati.

BACA  21 Unit Mobil Dinas di Boalemo Mulai Dioperasikan

Di sela-sela penyambutan penghargaan, Kades Tenilo Rapli Biya menyampaikan ucapan terima kasihnya seluruh elemen masyarakat atas dukungan moril kepada pemerintah daerah dan Desa Tenilo dalam upaya mengembangkan potensi wisata Pantai Kota Ratu.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata obyek Wisata Pantai Kota Ratu merupakan salah satu destinasi kini berkembang di Provinsi Gorontalo,” ucap Rapli Biya.

Sementara, Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu menyampaikan, prestasi wisata Pantai Kota Ratu sebagai wisata berkembang oleh Kemendes-PDTT RI sebagai bukti,  Pantai Kota Ratu layak untuk terus dikembangkan menjadi destinasi andalan di Provinsi Gorontalo maupun level nasional.

“Penghargaan ini wujud dari komitmen kita bersama menjadikan Pantai Kota Ratu sebagai satu-satunya destinasi wisata berkembang di Indonesia Timur yang mendapat pengakuan dari tingkat nasional tahun ini,” ujar Bupati Darwis Moridu dengan bangga. (adv/nrt/hg)