Friday, 30 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harus Ada Klaster Terkait Keberadaan BUMDes

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Thursday, 8 July 2021 | 22:05 PM Tags:
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat Sidak salah satu BUMDes, Kamis (08/07/2021) . (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus diklaster sesuai dengan klasifikasinya masing-masing termasuk menurut bentuk usaha. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu usai melakukan peninjauan atau sejenis inspeksi mendadak ke sejumlah BUMDes.

“Ada banyak klaster yang perlu dilakukan, mulai dari jenjang pendidikan para pengelolanya, kemudian jenis usaha yang dilakukan oleh setiap BUMDes yang ada di Gorontalo Utara,” jelasnya.

Menurut Thariq Modanggu, sangatlah penting untuk mendorong pengembangan dan juga dalam rangka mendorong bagaimana BUMDes yang ada di setiap desa. Jumlah BUMDes di Gorontalo Utara sebanyak 123 dan diharap dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat. 

“Tak hanya sekedar membentuk BUMDes kemudian tidak tau arahnya kemana, harus jelas datanya, mulai dari data pengelola, SDM, jenis usaha yang dilakukan kemudian sampai pada pengklasifikasian apakah usaha yang dilaksanakan tersebut kondisinya bagaimana,” tegasnya.

Dari data yang tersaji tersebut dapat juga berujung pada reward dan punishment. Dalam artian bukan memberikan hukuman atau apa, namun lebih kepada bagaimana memotivasi setiap BUMDes yang ada melalui pemberian reward dan juga punishment kepada BUMDes yang mungkin bermasalah. (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar