Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harusnya Rakyat Sudah Mandi Minyak Goreng

Oleh Admin Hargo , dalam Senayan , pada Jumat, 18 Maret 2022 | 20:05 Tag: , , ,
  Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta mengatakan kelangkaan minyak goreng di masyarakat menjadi perhatian besar sampai saat ini. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

Hargo.co.id, JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta mengatakan kelangkaan minyak goreng di masyarakat menjadi perhatian besar sampai saat ini.

Pasalnya, Komisi VI sudah lelah berkali-kali mengingatkan Kementerian Perdagangan terkait komoditas minyak goreng.

Di sisi lain, Politikus fraksi PDIP itu tetap memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Menteri Perdagangan, meskipun hasilnya tidak maksimal.

“Kami dan rakyat lelah secara psikis karena mengetahui negara ini adalah penghasil minyak goreng terbesar di dunia,” ungkap Nyoman pada rapat DPR bersama Kemendag, Kamis (17/3).

Dengan demikian, Nyoman menekankan konstitusi sudah begitu jelas, seharusnya cabang produksi penting harus dikuasai oleh negara, kemudian diberikan sepenuhnya untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

“Sayangnya pengharapan itu jauh dari kenyataan,” ungkap Nyoman. Pria kelahiran 9 Juni 1971 itu mengapresiasi kebijakan pemerintah melalui domestic market oblization (DMO).

Menurut dia, kebijkan itu sudah bagus tetapi praktiknya tidak terjadi.

“Dengan hitung-hitungan DMO, seharusnya kita sudah mandi minyak goreng, tetapi faktanya tidak terjadi,” kata Nyoman.

Selain itu, Nyoman juga mempertanyakan kebijakan subsidi untuk minyak curah sebagaimana Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 11 tahun 2022 yang mencabut ketentuan HET Permendag No 06/2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng.

Nyoman khawatir, minyak goreng curah subsidi dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dengan diganti kemasannya lalu dijual dengan harga di luar HET.

“Tolong dipastikan karena subsidinya ini melalui produsen, harus dipastikan bahwa subsidi dan barangnya ada,” tegas Nyoman.(JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Nyoman Parta: Harusnya Rakyat Sudah Mandi Minyak Goreng“. Pada edisi Jumat, 18 Maret 2022.
(Visited 37 times, 1 visits today)

Komentar