Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Piala Dunia: Iran Pukul Wales 2-0, Tuan Rumah Qatar Keok dari Senegal 1-3

Oleh Admin Hargo , dalam Sepakbola Sportivo , pada Sabtu, 26 November 2022 | 02:05 Tag: , , , , , ,
  Para pemain Iran merayakan gol yang dicetak Rouzbeh Cheshmi ke gawang Wales pada menit ke-90+8. (Fadel Senna/AFP)

Hargo.co.id, QATAR – Pelatih Timnas Iran Carlos Quieroz mengakui Timnas Wales menjadi lawan yang tangguh. Namun, Iran bisa mengatasi Wales dan menang dengan skor 2-0 pada laga Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar (25/11).

Dikutip dari situs resmi FIFA, Jumat, Quieroz mengatakan pada laga ini mereka benar-benar membutuhkan tiga poin dan hal itu dapat diwujudkan oleh Iran.

banner 728x485

Kemenangan ini juga turut menjaga asa Iran untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Iran memulai Piala Dunia 2022 dengan buruk karena takluk dari Inggris dengan skor 2-6.

Pelatih asal Portugal itu melanjutkan, dirinya turut berterima kasih kepada suporter yang telah memberikan dukungan kepada skuad Iran selama 90 menit penuh.

“Wales adalah lawan yang tangguh. Mereka memainkan sepak bola cepat. Tapi kami menampilkan performa yang bagus, mendapatkan hasil bagus, dan kami layak mendapatkannya,” ujar Quieroz.

“Kami lebih baik dari Wales dan bisa mencetak lebih banyak gol. Hal yang paling penting adalah untuk menang tentu saja,” sambung mantan asisten pelatih Sir Alex Ferguson di Manchester United tersebut.

“Saya benar-benar berterima kasih kepada suporter Iran. Mereka membantu kami memainkan 90 menit sepak bola cantik. Sekarang kami berkonsentrasi kepada Amerika Serikat. Kami belum tamat kini,” ucapnya.

Pada pertandingan ini, Iran memenangkan pertandingan berkat gol yang dicetak oleh Rouzbeh Cheshmi serta Ramin Rezaeian pada menit ke-90+8 dan 90+11.

Kemenangan ini mengantarkan Iran menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan torehan tiga poin. Sedangkan Wales puas berada di posisi juru kunci dengan raihan satu poin.

Selanjutnya Iran akan menghadapi Amerika Serikat pada Rabu (30/11). Sedangkan Wales akan ditantang tetangga mereka Inggris di hari yang sama.

Bagi Iran kemenangan atas Wales ini menjadi hasil yang bersejarah. Sebab, untuk kali pertama selama berpartisipasi di Piala Dunia, baru kali ini Iran mampu menang atas lawan dari Eropa.

Sementara itu pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022, Qatar kembali menelan kekalahan saat Menghadapi Senegal di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11) malam WIB, tim asuhan Felix Sanchez kalah 1-3.

Senegal membuka peluang lolos ke babak berikutnya usai menang 3-1 atas tuan rumah Qatar, Jumat (25/11) malam WIB (Twitter @FIFAWorldCup)
Senegal membuka peluang lolos ke babak berikutnya usai menang 3-1 atas tuan rumah Qatar, Jumat (25/11) malam WIB (Twitter @FIFAWorldCup)

Meski begitu, Qatar mampu menciptakan sejarah di Piala Dunia. Salah satu pemainnya, Mohammed Muntari, menjadi pemain Qatar pertama yang mampu mencetak gol di pentas Piala Dunia. Qatar sendiri baru pertama kali tampil di Piala Dunia yakni tahun ini sebagai tuan rumah.

Nol poin dari dua laga awal di fase grup membuat peluang Qatar melaju ke babak berikutnya sangat berat. Qatar dipastikan tersingkir andai Belanda mampu meraih poin saat menghadapi Ekuador pada Jumat (25/11) malam WIB.

Seperti diketahui, sebelum Piala Dunia 2022 digelar, sepanjang sejarah hanya Afrika Selatan tuan rumah yang gagal di fase grup. Kala itu, Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Afsel gagal bersaing dengan Uruguay dan Meksiko yang mewakil Grup A melaju ke babak berikutnya.

Kini, jejak Afsel berpotensi diikuti Qatar. Setelah kalah 0-2 dari Ekuador pada laga pertama, Qatar kalah 1-3 dari Senegal pada laga kedua, Jumat (25/11) malam WIB.

Sementara bagi Senegal, kemenangan tersebut membuka peluang untuk melaju ke babak berikutnya. Lions of Teranga – julukan Timnas Senegal, pernah tampil memukau di Piala Dunia 2002. Tak hanya lolos dari fase grup, Senegal bahkan mampu mencapai perempat final. Pencapaian itu yang diharapkan bisa diulangi Senegal di Piala Dunia 2022.

Secara permainan, Qatar cukup mampu mengimbangi Senegal. Itu terbukti dari jumlah tembakan ke gawang. Qatar melepaskan 10 tembakan, berbanding dengan 12 milik Senegal. Tembakan on target 3 berbanding 4.

Hanya saja, finishing touch Senegal lebih unggul. Pada babak pertama, Senegal mencetak 1 gol lewat Boulaye Dia pada menit 41. Gol tersebut tak lepas dari kesalahan pemain Qatar, Boualem Khoukhi dalam menghalau bola. Khoukhi terjatuh saat mengontrol bola sehingga bisa dimanfaatkan oleh Boulaye Dia.

Babak kedua baru berjalan 3 menit, Senegal menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Famara Diédhiou lewat sundulan. Famara Diédhiou memanfaatkan umpan sepak pojok dari Ismail Jakobs.

Upaya Qatar untuk menciptakan sejarah berhasil lewat sundulan Mohammed Muntari pada menit 78. Muntari menjadi pemain Qatar pertama yang mencetak gol di pentas Piala Dunia. Muntari memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Ismail Mohammed.

Hanya saja, Qatar tak bisa menghindarkan dari kekalahan. Senegal kembali menjauh setelah Bamba Dieng mencetak gol pada menit 84 usai menerima uman dari Iliman Ndiaye. Senegal unggul 3-1 dan skor bertahan hingga laga berakhir.(JawaPos.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Hasil Piala Dunia: Pertama dalam Sejarah, Iran Kalahkan Tim Eropa” – “Kalah 1-3 dari Senegal, Qatar Ukir Sejarah di Piala Dunia“. Pada edisi Jumat, 25 November 2022.
(Visited 311 times, 1 visits today)

Komentar