Jumat, 26 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Pleno KPU, Pasangan Hamim – Merlan Pemenang Pilkada Bone Bolango

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Kab. Bone Bolango KPU , pada Jumat, 19 Februari 2021 | 16:05 WITA Tag: , , , ,
  Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim menyerahkan surat keputusan penetapan kepada Bupati Terpilih Hamimn Pou. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango akhirnya menetapkan Hamim Pou dan Merlan Uloli sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bone Bolango Tahun 2020.

Penetapan itu diputuskan melalui Rapat Pleno Terbuka sebagaimana merujuk pada pedoman PKPU nomor 19 tahun 2020 Pasal 54. Penyelenggaraan kegiatan itupun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, di gedung Balai Kartini Kabila, Jumat (19/02/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Gorontalo, pihak Bawaslu, Pimpinan Partai Politik dan jajaran Forkopimda, bahkan pasangan Hamim Pou – Merlan Uloli nampak hadir. Meski begitu paslon nomor urut 1 Ismet Mile dan Sukandi Talani, paslon nomor urut 3 Rusliyanto Monoarfa dan Umar Ibrahim, serta paslon nomor urut 4 Kilat Wartabone dan Syamsir Djafar Kiyai tidak terlihat berada dilokasi kegiatan.

BACA  Hamim Pou Ajak Warga Bone Bolango Lindungi Diri dengan Vaksin Covid-19

Disahkannya Hamim Pou dan Merlan Uloli menjadi paslon terpilih pada Pilkada 2020 itu, ditandai dengan diketuknya palu oleh Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim.

Adnan Berahim menjelaskan, penetapan Hamim Pou dan Merlan Uloli sebagai paslon terpilih itu,
setelah adanya putusan MK nomor 52/PHP.BUP-XIX/2021 dan nomor 63/PHP.BUP-XIX/2021, dimana amar putusan permohonan pemohon tidak dapat diterima.

BACA  KPU Tetapkan Saipul-Suharsi Pemenang Pilkada Pohuwato

“Berita acara rekapitulasi setiap kecamatan di tingkat kabupaten, serta keputusan KPU nomor 595/PL.02.6-Kpt/7503/Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara, Paslon terpilih nomor urut 2 Hamim Pou dan Merlan Uloli meraup suara terbesar yaitu sebanyak 43.099 suara atau 42,56 persen dari jumlah suara sah,”jelas Adnan Berahim (Ketua KPU Bone Bolango).

Dalam kesempatan ini Adnan Berahim juga menuturkan, agenda penetapan ini dapat dikatakan sakral, karena bagian dari penetapan pemimpin Bone Bolango selama 5 tahun kedepan.

BACA  Tiba-tiba, KPU Kabupaten Gorontalo Buka 31 Kotak Suara

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan ikut mensukseskan pelaksanaan Pilkada Bone Bolango 2020. Kami berharap semua pihak harus bisa menerima hasil ini dengan bijaksana, karena ini merupakan hasil demokrasi bersama dimasa pandemi,”tutur Adnan Berahim.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone Bolango itu juga menambahkan, untuk hal yang berkaitan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih itu, selanjutnya sudah menjadi kewenangan sepenuhnya Menteri Dalam Negeri.(zul/hargo)


Komentar