Sabtu, 24 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Rapat Gubernur se-Sulawesi, Jumlah Penerbangan Bakal Dibatasi

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Senin, 30 Maret 2020 | 22:05 WITA Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat mengikuti Rapat Dalam Jaringan (Daring) dengan Gubernur se Sulawesi yang tergabung dalam BKPRS, Senin (30/03/2020). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Penerbangan dari dan ke Sulawesi akan dibatasi, terutama bagi Warga Negara Asing (WNA). Mengingat Sulawesi juga menjadi tujuan kunjungan WNA, baik dalam kunjungan wisata dan lainnya.

Ini merupakan keputusan yang diambil oleh Gubernur se Sulawesi yang tergabung dalam Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS), pada rapat daring melalui video conference, Senin (30/03/2020).

Namun, sebelum memberlakukan kebijakan itu, BKPRS masih akan melakukan pengkajian yang mendalam.

BACA  Gubernur Resmikan Gedung IPWL Ummu Syahidah

“Akan dikaji dulu, sebelum diterapkan,” kata Olly Dondokambey selaku Ketua BKPRS juga sebagai Gubernur Sulawesi Utara.

Selain akan membatasi penerbangan, pada rapat Pangdam XIII Merdeka, Kapolda serta Danrem se Sulawesi itu, ada beberapa hal yang diputuskan.

Pertama, Sulawesi Selatan membuka fasilitas laboratorium pemeriksaan virus corona bagi seluruh masyarakat Sulawesi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan yang sudah membuka diri buat wilayah Sulawesi bisa menggunakan laboratorium yang ada di Sulawesi Selatan. Sehingga percepatan informasi terhadap positif dan negatifnya hasil laboratorium ini bisa cepat kita dapat,” tutur Olly Dondokambey selaku Ketua BKPRS juga sebagai Gubernur Sulawesi Utara.

BACA  DPRD Minta Pending Perekrutan Direktur PUDAM

Kedua, pembatasan di berbagai sektor yang telah disepakati bersama merupakan kebijakan yang sangat bermanfaat. Untuknya pembatasan tersebut akan terus dilakukan khususnya oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo yang masih berada di zona biru.

BACA  Cegah Munculnya Klaster Baru, TPS Jangan Gunakan Pendekatan Lama

Ketiga, seluruh gubernur se Sulawesi bersepakat untuk terus melakukan koordinasi terkait langkah-langkah yang akan diambil dalam pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona.

Ke empat, para gubernur bersepakat mengimbau seluruh masyarakat untuk menunda mudik lebaran tahun ini. Hal ini menurutnya untuk mencegah merebaknya virus corona di Pulau Sulawesi.

“Imbauan tidak mudik bagi warga di Provinsi kita masing-masing. Lebaran ini kita tunda dulu mudik kita,” tutup Olly. (adv/rwf/hg)


Komentar