Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hati-Hati Efek Samping Makan Permen Karet Pada Pencernaan

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 21 Februari 2017 | 10:15 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id – Permen karet merupakan jenis permen yang disukai segala usia. Permen ini sering dikunyah saat dalam keadaan iseng, bosan, atau jenuh menunggu sesuatu. Namun ternyata mengunyah permen karet memiliki dampak pada sistem pencernaan.

Dilansir Boldsky, Senin (20/2), paparan secara kronis dapat terjadi akibat permen karet yang menyebabkan kecanduan. Mengunyah permen karet dapat menurunkan kemampuan sel pencernaan menyerap nutrisi karena terhalang patogen.

Menelan senyawa yang dikenal sebagai titanium dioksida di dalam permen karet hampir tidak dapat dihindari. Hal ini dapat masuk ke sistem pencernaan.

“Titanium oksida adalah aditif makanan yang umum dan orang-orang telah mengonsumsi jenis senyawa ini sejak lama. Jangan khawatir, hal itu tidak akan membunuh. Tapi tetap ada dampak buruk yang wajib diketahui,” kata salah satu penulis peneliti, Gretchen Mahler yang bekerja sevagai Asisten Profesor di Binghamton University, State University of New York.

Senyawa ini biasanya digunakan kertas dan plastik. Hal ini dapat masuk ke sistem pencernaan melalui pasta gigi dan juga digunakan dalam beberapa cokelat untuk memberikan tekstur yang halus.

Dampak lainnya, usus melemah, metabolisme melambat dan beberapa nutrisi asam besi, seng, dan lemak sulit diserap. Kemudian peradangan di usus meningkat.

“Untuk menghindari makanan yang kaya nanopartikel titanium oksida Anda harus menghindari makanan olahan tersebut terutama permen karet,” kata Mahler. (cr1/JPG/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar