Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



HEBAT! Kelurahan Liluwo Tembus 12 Besar di Lomba Nasional

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 10 Agustus 2017 | 13:20 PM Tag: ,
  

PEMKOT,GP – Persiapan kelurahan Liluwo dalam lomba kelurahan tingkat nasional tidak sia-sia.

Terbukti, kelurahan yang berada di Kecamatan Kota Tengah ini sukses menembus 12 besar yang akan dipilih pemerintah pusat sebagai rujukan kelurahan terbaik di tanah air.

Sebelum ini, Kelurahan Liluwo bersaing dengan lima kelurahan terbaik di regional III (Kalimantan-Sulawesi). Sebagaimana tahapan seleksi dari pantia pusat, yang akan diambil dari tingkat regional hanya tiga di antaranya yang memiliki nilai tertinggi.

“Liluwo berhasil menempati posisi II (runner up). Itu berarti, Liluwo berhasil meraih tiket untuk bersaing lagi ditingkat nasional dengan kelurahan yang lolos dari regional lainnya,” kata Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Nixon Rahman ketika diwawancarai awak media, kemarin, (9/8).

Keberhasilan Kelurahan Liluwo sehingga tembus ketingkat nasional, tak lepas dari kerja keras pemerintah setempat dalam pengelolaan administrasi dan penyelenggaraan layanan publik. Di Liluwo layanan serba teknologi informasi.

Selain itu, dukungan dan paritipasi masyarakat, dan ormas ditingkat kelurahan ikut menjadi pertimbangan. Saat tim dari pemerintah pusat turun melakukan penilaian, Liluwo mendapat apresiasi.

Menurut Nixon Rahman, persaingan lomba kelurahan ditingkat nasional semakin ketat. Ada 12 kelurahan perwakilan empat regional yang saling beradu. Liluwo sendiri selain perwakilan dari regional III, juga merupakan satu-satunya wakil Pulau Sulawesi.

“Karena merupakan satu-satunya wakil dari Sulawesi, maka pemerintah pusat sudah menetapkan Liluwo sebagai pusat rujukan dan studi banding (Stuban) seluruh kelurahan di Pulau Sulawesi,” terangnya.

Secara terpisah, kesuksesan Kelurahan Liluwo yang melangkah ketingkat nasional disambut apresiasi oleh Walikota Gorontalo Marten Taha. Menurut Marten, keberhasilan tersebut merupakan bukti kerja nyata pemerintah dan masyarakat setempat.

“Saya berharap prestasi yang demikian baik ini terus dipertahankan,” imbuhnya.

Sejalan menyambut penilaian lanjutan ditingkat nasional, Marten berharap pemerintah dan masyarakat Liluwo dapat semakin bersiap diri sehingga di akhir penilaian nanti, Liluwo dapat meraih hasil terbaik sekaligus mengangkat nama Kota Gorontalo di nusantara.

Sebagaimana jadwal tim penilai pusat menyangkut penilain lanjutan, 12 kelurahan yang lolos wajib mempersentasekan penyelenggaraan pemerintahan dan inovasi yang telah dibuat di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemerintah Kelurahan Liluwo sendiri mendapatkan waktu pada tanggal 12 Agustus 2017 depan. (hargo/*)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar