Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hebat! Petugas Kebersihan Manado Digaji Setara UMR

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Senin, 22 Januari 2018 | 09:31 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara berupaya sekeras mungkin menciptakan kota yang bersih dan asri. Tak tanggung-tanggung pemerintah daerah setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 70,3 miliar.

Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr Liny Tambajong memaparkan, anggaran itu sudah ditata di APBD dan diarahkan ke 11 kecamatan serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado.

petugas bersih

Bersih dan asrinya kawasan tepi pantai Kawasan Megamas, Manado. (Reza Mangantar/ Manado Post/Jawa Pos Group)

Dia menjelaskan, besarnya anggaran kebersihan merupakan bukti komitmen Pemkot Manado dalam menciptakan kota bersih dan asri. “Dengan anggaran sebesar ini, pemerintah kota berharap penanganan kebersihan di 11 kecamatan dapat maksimal. Tentu dengan pengawasan berjenjang. Mulai lurah sampai kecamatan,” ungkapnya.

BACA  Terkait RUU Minol, Arfito Hutagalung: DPR Sebaiknya Perkuat Pengawasan

Secara terpisah, Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone meminta anggaran kebersihan yang begitu besar harus sesuai realitas di lapangan. “Jangan ada lagi kelurahan dan kecamatan kotor. Sebab, masing-masing sudah memiliki petugas yang menyapu jalan dan tim gorong-gorong,” ujarnya.

BACA  Protes Penghinaan Nabi Muhammad, Foto Presiden Prancis Dijadikan Keset

Ketua DPRD juga meminta petugas sampah, mulai pengangkut sampah, penyapu jalan, sampai tim gorong-gorong, bekerja maksimal karena sudah digaji sesuai UMR. “Jangan ada lagi yang hanya bekerja setengah hari. Bekerjalah sesuai tanggung jawab dari pagi sampai sore untuk mengawal kebersihan di Kota Manado,” paparnya.

(agl/c15/fat)


Komentar