Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Heboh, Sapi Aneh Mirip Manusia Lahir di Gorut

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline Metropolis , pada Sabtu, 24 Maret 2018 | 11:35 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id– Warga Dusun Pante, Desa Imana, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dibuat heboh dengan seekor anak sapi yang baru lahir, Jumat (23/3).Anak sapi ini terlihat aneh, tidak seperti anak sapi pada umumnya. Bahkan masyarakat setempat menyebut, sapi itu mirip manusia.

Sapi milik Ahmad Khairul Datukramat itu melahirkan pada Kamis (22/3) malam. Diketahui bahwa anak sapi itu disebut mirip manusia nanti ketika pemiliknya hendak melihat sapi tersebut, sekitar pukul 06.00 WITA pagi, Jumat (23/3).

Hal ini dibenarkan Kepala Desa (Kades) Imana Rahmad Hula. “Ya benar, wajah sapi itu mirip manusia. Kaki depannya seperti tangan dan kaki belakangnya jugga seperti kaki manusia meski memang kukunya seperti sapi biasanya. Bagian perutnya juga mirip perut manusia. Saya lihat langsung,” terangnya kepada Gorontalo Post, Jumat (23/3).

BACA  Pemerintah di Tingkat Kecamatan Ikut Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Rahmat menuturkan, kejadian seperti itu baru pertama kali di Desa Imana. Bahkan sapi milik Ahmad Datukramat itu sudah beberapa kali melahirkan anak namun baru kali ini anaknya lahir tidak normal seperti kali ini. “Allahu a’lam, kenapa terjadi seperti itu. Mungkin hanya karena anak sapi itu memang tidak normal,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dusun Pante Desa Imana Rusnia Laode mengungkapkan, anak sapi yang berjenis kelamin betina itu sempat bernafas kurang lebih 1 jam setengah setelah itu mati. “Selama kehamilan induk sapi, biasa-biasa saja, normal seperti sapi lainnya,” kata Rusnia.

BACA  Kendaraan yang Dimodifikasi Segera Ditertibkan

Adanya sapi yang mirip manusia itu menyedot perhatian warga setempat. Bahkan berbagai spekulasi bermunculan utamnya terkait mitologi sebagian masyarakat yang masih percaya dengan mitos-mitos. Ada warga yang menyebut ini sebagai pertanda buruk akan adanya bencana dan lain sebagainya.

Sayangnya dari dinas terkait dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorut hingga sore kemarin belum turun ke lokasi untuk mengidentifikasi penyebab sapi tersebut melahirkan anak tidak normal. Padahal identifikasi medis penting dilakukan untuk mengetahui penyebab anak sapi tersebut lahir dengan kondisi tidak seperti biasanya.

BACA  Jangan Lupa Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pilkada

Rencananya anak sapi yang lahir tidak normal iti sudah akan di kubur sore kemarin. Sementara itu, Dokter Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorut drh.Lely Umi Wakidah ketika dimintai penjelasannya terkait kasus anak sapi yang disebut warga menyerupai manusia menjelaskaan, secara ilmiah ketika ada hewan yang lahir dengan kondisi tidak normal maka itu disebabkan mutasi gen atau pembelahan sel yang tidak sempurna. “Ini kejadian normal. Saya belum lihat langsung. Namun secara biologis itu dikarenakan pembelahan sel yang tidak sempurna. Ini bisa disebabkan tidak terpenuhinya nutrisi bagi induk sapi saat mengandung,” ujarnya.(idm/hg)


Komentar