Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hendra Hemeto dan Risjon Sunge Berburu Tiket Parpol

Oleh Jamal De Marshall , dalam Kabar Politik , pada Kamis, 26 Desember 2019 | 16:00 WITA Tag:
  


Hargo.co.id– Para kandidat calon yang ingin tampil di Pilkada Kabupaten Gorontalo 2020, masih terus berburu dukungan partai politik di penghujung 2019. Upaya itu dilakukan memperbesar peluang untuk bisa tampil di pentas pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo yang menjadi daerah dengan wilayah terluas dan penduduk terbanyak di Provinsi Gorontalo itu.

Awal pekan ini, dua figur yang membidik kursi bupati masing-masing Ketua DPD II Golkar Kabupaten Gorontalo Hendra Hemeto dan figur berlatar belakang birokrat Risjon Sunge, menyerahkan berkas pendaftaran di tiga partai yang mengoleksi kursi di DPRD Kabupaten Gorontalo. Hendra Hemeto mendatangi Hanura dan PAN. Sementara Risjon Sunge menemui pengurus DPC Demokrat.

Diwawancarai usai menyerahkan berkas pendaftaran, Hendra Hemeto menyatakan, langkahnya mengikuti pendaftaran penjaringan calon kepala daerah di Hanura dan PAN merupakan upaya untuk membangun komunikasi politik untuk koalisi di Pilkada. Karena meski menjadi partai pemenang kedua di DPRD Kabupaten Gorontalo, Golkar tetap harus berkoalisi untuk bisa mengusung calon di Pilkada.

BACA  Paket 'KISYAH' Optimis Menang di Pilkada Bone Bolango

“Alhamdulillah saya sudah mendaftar di dua partai ini dan rencannya juga akan melakukan silaturahim dengan partai Gerindra,” ungkap Hendra.

Hendra menambahkan, ikut penjaringan di Hanura dan PAN, dirinya mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati. Karena Golkar tak mengharuskan dirinya maju sebagi Bupati.

“Mau Bupati atau wakil Bupati tak masalah. Asalkan komitmen dan satu visi dan misi,” jelas Hendra.

Ketua DPC HANURA Kabupaten Gorontalo Jayadi Ibrahim menjelaskan, penjaringan di partai HANURA akan berakhir pada 31 Desember mendatang. Hingga saat ini baru tiga figur yang telah mengembalikan formulir pendaftaran. Yaitu Risjon Sunge, Nelson Pomalingo dan Hendra S Hemeto.

“Setelah penjaringan selesai, nama-nama yang sudah mendaftar akan kami berikan ke DPP. Nanti DPP yang akan menentukan dan pastinya akan mengundang calon-calon tersebut untuk menyamakan visi-misi bersama,” jelas Jayadi.

Ketua DPC PAN Daryatno Gobel mengakui, langkah Hendra Hemeto yang telah mengembalikan formulir pendaftaran menandakan yang bersangkutan serius ikut penjaringan dan pasti akan diikutkan dalam proses penjaringan dan penyaringan calon PAN.

BACA  Rusli dan Nelson Antar Paket RUMAH ke KPU Bone Bolango

“Dengan mendaftarnya Hendra S Hemeto di PAN menandakan Golkar punya itikad baik untuk menyambung silaturahim dan komunikasi politik dengan kami. Nanti ini akan berproses menunggu keputusan DPP,” tandas Daryatno.

Pertemuan di Demokrat.

Selain Hendra Hemeto, figur lain yang juga melakukan silaturahmi dengan partai politik untuk menggalang dukungan di Pilkada yaitu Risjon Sunge. Sosok yang saat ini masih menjabat Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo itu Meskipun belum membuka penjaringan Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, Selasa (24/12) mendatangi DPC Partai Demokrat Kabupaten Gorontalo.

Ketua DPC Demokrat Chamdi Mayang seusai pertemuan mengakui, Demokrat sampai sekarang ini belum membuka penjaringan calon kepala daerah. Karena masih menunggu peraturan organisasi (PO) partai. Meski begitu, pihaknya tak menutup diri dengan calon-calon yang akan mendekati Demokrat.

“Memang saat ini kami masih menunggu PO untuk penjaringan dan memang belum ada juknis yang mengatur atas hal tersebut. Tetapi karena yang datang awal adalah Risjon bersama timnya, maka jika dari pertemuan ini bisa ditindaklanjuti oleh Risjon bersama timnya, kami Demokrat siap mendukungnya,” tegas Chamdi.

BACA  Bang Adian Sebut Pemerintah Tak Konsisten, Ini Alasannya

Lanjut dikatakan Chamdi, saat ini DPC Demokrat Kabupaten Gorontalo masih menunggu juknis Partai terkait penjaringan calon. Tetapi kalau ada figur yang serius meminta dukungan partai dan bisa menguntungkan Demokrat, maka pihaknya akan tampil terdepan untuk mendukungnya.

“Karena sesuai dengan arahan SBY, untuk pilkada harus sesuai dengan AD/ART. Dimana untuk Pilkada domainnya ada di DPC. Nanti DPC akan mengusulkan nama calon ke DPP melalui DPD. Dan saya yakin, jika Risjon menguntungkan partai kami, saya jamin Pak Gusnar Ismail pun pastinya akan mendukungya,” ungkap Chamdi.

Sementara itu Risjon Sunge mengucapkan terima kasih atas keramahan Partai Demokrat dalam menerima kunjungannya. “Saya berharap, ini bukan pertemuan pertama dan terakhir, tetapi akan ada pertemuan selanjutnya untuk menyatukaan visi-misi bersama membangun Kabupaten Gorontalo lebih baik ke depannya,” tandas Risjon. (wie/gp/hg)


Komentar