Rabu, 3 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Herman Walangadi Perkenalkan Aplikasi E – Monev Terbaru

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Selasa, 9 Februari 2021 | 22:05 WITA Tag:
  Wakil Bupati Gorontalo, Herman Walangadi saat memberikan ID-card kepada peserta Kegiatan Pendampingan Pengimputan E – Monev) dan Sidalang Tahun 2021. Selasa (09/02/2021) di Swiss-belhotel Maleosan Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan mengamanatkan kepada Pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di masing untuk melakukan pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing.

Bersama dengan diterbitkannya PP Nomor 39 tahun 2006 itu, Pemerintah juga meluncurkan aplikasi  Elektronik Monitoring Evaluasi  (E – Monev). Aplikasi E-Monev merupakan aplikasi pelaporan data hasil pemantauan yang dijalankan sejak diterbitkannya PP tersebut dan terus dikembangkan setiap tahunnya. Aplikasi tersebut juga digunakan di tingkatan pemerintah kabupaten

BACA  Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Gorontalo Launching Inovasi Pendidikan dan Kebudayaan

Belum lama ini , Pemerintah telah meluncurkan aplikasi E – monev terbaru yang merupakan pengembangan dari aplikasi E- monev sebelumnya. Aplikasi tersebut telah mulai digunakan dibeberapa kabupaten di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Gorontalo.

Wakil Bupati Gorontalo, Herman Walangadi mengungkapkan,  pihaknya telah menggunakan aplikasi E – Monev Sidalang terbaru guna memudahkan sekaligus meningkatkan pemantauan dan pelaporan hasil  Sistem Data Laporan Pembangunan (Sidalang). Saat ini aplikasi tersebut tengah disosialisasikan cara penggunaannya di tiap tiap SKPD.

BACA  Bantuan Sosial di Kabupaten Gorontalo Dievaluasi

“Ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya. Sistem E – Monev Sidalang yang merupakan alat untuk mengevaluasi secara sistematis dan terstruktur mengenai progres kegiatan pembangunan secara online”, kata Herman Walangadi saat membuka Kegiatan Pendampingan Pengimputan E – Monev) dan Sidalang Tahun 2021. Selasa (09/02/2021) di Swiss-belhotel Maleosan Manado, Sulawesi utara.

Dengan adanya aplikasi terebut, kata Herman Walangadi, diharapkan dapat memudahkan setiap SKPD dalam melakukan pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

BACA  Pemda Kabgor Akan Sambut  Nelson-Hendra dengan Upacara Adat

Selain itu, kata Herman Walangadi, Upaya pengendalian dan evaluasi juga dibutuhkan untuk meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas alokasi sumber daya pembanguan serta Akuntabiltas dan Transparansi.

“Perencanaan serta evaluasi sangat dibutuhkan sebagai penentu tercapainya sasaran suatu kegiatan. Melalui pemantauan dan evaluasi perencanaan pembangunan ini akan mengantisipasi permasalahan yang akan timbul, jadi kita akan mengambil tindakan untuk melakukan pencegahan dini”, kata Herman Walangadi. (hiu/adv/hargo)


Komentar