Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hindari Kerumunan, Rusli Terapkan Physical Distancing pada Penyerahan Bantuan

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 7 April 2020 | 21:05 PM Tag: , , , , ,
  Ratusan abang bentor di Kota Gorontalo tengah mengantri di bentor mereka masing-masing untuk mendapatkan bantuan bahan pangan dari Pemprov Gorontalo, Selasa (7/06/2020). (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, Gorontalo – Ratusan tukang bentor di Kota Gorontalo menerima bantuan bahan pangan gratis dari Pemprov Gorontalo Selasa (7/04/2020) di lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo. Penyerahan bantuan tersebut mendapat pengawasan langsung dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pengawasan ini dilakukan oleh Rusli Habibie, karena dirinya menginginkan physical distancing diterapkan saat penyaluran dilakukan, sebab setiap kegiatan penyerahan bantuan warga pasti akan berkerumun. Benar saja, saat bantuan mulai disalurkan, para abang bentor terlihat mulai mendekati mobil yang berisi bantuan. Melihat hal itu, Rusli Habibie langsung menegur para tukang bentor. Dengan menggunakan pengeras suara, Rusli Habibie meminta kepada pengemudi untuk menunggu di bentornya masing-masing, sambil menanti bahan pangan diantar ke bentor mereka oleh petugas. Cara ini dilakukan untuk ratusan bentor yang sudah menunggu di sekitar lapangan tenis tepatnya di ruas jalan depan Kesdim.

Di lokasi lain, yakni di depan Rudis Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menerapkan cara lain. Pengemudi bentor diminta mengambil bantuan bahan pangan dengan cara mengantri menggunakan bentor mereka yang sudah disiapkan petugas. Setelah menerima, para abang bentor kemudian meninggalkan lokasi menggunakan bentor masing-masing.

Pada penyaluran bantuan itu, Rusli Habibie terlihat berulang – ulang kali meminta kepada tukang bentor dan warga sekitar yang ingin melihat penyaluran bantuan tersebut, untuk menjaga jarak.

Awalnya, Pemprov Gorontalo telah menyusun skenario pembagian bantuan kepada para pengemudi bentor ini. Dimana, petugas penyalur akan mendatangi sejumlah pangkalan bentor.

“Bantuan ini sebenarnya akan diantar ke pangkalan bentor yang ada di Kota Gorontalo,” ungkap Rusli Habibie.

Namun, skenario itu gagal karena para tukang bentor yang mangkal di Lapangan Taruna Remaja yang menjadi pangkalan awal yang akan didatangi Pemprov, menyampaikan informasi ke pengemudi bentor lain bahwa akan ada penyaluran bantuan.

“Saya terkejut melihat sudah banyak bentor yang berdatangan. Karena saya tak ingin mereka(Tukang bentor) kecewa, saya pun langsung memerintahkan bantuan diserahkan di lokasi itu dan diawasi agar tidak ada kerumunan,” tutur Rusli Habibie.

Bantuan bahan pangan gratis ini sendiri, menurut Rusli Habibie merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meringankan beban rakyat di tengah pandemi Covid-19.(adv/rwf/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar