Minggu, 24 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hindari Pernyataan Kontraproduktif Soal Tujuan Vaksinasi

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 17 Desember 2020 | 23:05 WITA Tag: , ,
  Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito


Hargo.co.id, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan instruksi terbaru terkait penanganan pandemi virus Corona yang ditujukan kepada jajaran kabinet hingga ke pemerintah daerah.

Seluruh aparat pemerintahan juga diinstruksikan untuk turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional, yang mana presiden sendiri akan menjadi yang pertama disuntik vaksin.

“Hal terpenting, program vaksinasi termasuk juga komunikasi publik dapat berjalan terstruktur sesuai tahapannya. Hindari membuat asumsi atau pernyataan yang bersifat kontraproduktif dengan tujuan program vaksinasi,” jara Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/12).

BACA  MUI Restui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac

Dia mengatakan, Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa pemerintah berkomitmen menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Semua instansi, baik di tingkatan pemerintah pusat maupun daerah juga perlu menindaklanjuti program vaksinasi agar menjadi prioritas sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Hal ini dikatakan Prof Wiku, merupakan langkah penting yang dicapai pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi warga negara demi tercapainya kekebalan kolektif di Indonesia.

BACA  Kasus Covid-19 Bakal Bertambah 40 Persen Jika Melakukan Ini

Karena Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat dunia, maka pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh penduduk akan berkontribusi besar dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global.

Meski demikian, Wiku menekankan pemerintah tidak akan terburu-buru dalam menyelenggarakan program vaksinasi.

Pelaksanaan program ini akan diselenggarakan secara bertanggung jawab dan tetap mematuhi tahapan-tahapan pengembangan vaksin, sehingga nantinya aman dan berkhasiat.

BACA  KTP Dipinjam Teman, Nama Sarah Beatrice Masuk di Daftar Korban Sriwijaya Air

“Penting untuk diingat, jika nanti program vaksinasi akan dijalankan pada tahun 2021, pemerintah memastikan vaksin yang digunakan adalah vaksin yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” kata Wiku.(jpnn/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Satgas Covid-19: Hindari Pernyataan Kontraproduktif Soal Tujuan Vaksinasi“. Pada edisi Kamis, 17 Desember 2020.

Komentar