Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hmm!! Hanya Karena Puntung Rokok, Rumah kecil Ini Terbakar

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 8 Juli 2017 | 09:48 Tag: , ,
  

Hargo.co.id Gorontalo – Insiden yang menimpa Harson Angge warga Kelurahan Bolihuangga, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo patut menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat. Ia menderita kerugian besar lantaran puntung rokok yang dibuang sembarangan. Puntung rokok itu menjadi sumber api yang membuat rumah Harson terbakar, kemarin, (7/7).

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, kebakaran ini berawal ketika Harson sedang tidak berada di rumah. Tiba-tiba saja api muncul di rumahnya yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.

Api tersebut berasal dari sampah di samping rumah yang terbakar lantaran ada orang yang membuang puntung rokok di tempat itu. “Saat itu saya cuman juga sedang berada di rumah saya. Tiba-tiba saya melihat api sudah di atap rumah Harson,” kata Tono, tetangga Harson.

Saat kebakaran, warga sekitar juga berusaha untuk memadamkan api. Mereka berlarian menuju rumah Harson sambil membawa ember dalam air.

Namun upaya itu sia-sia. Api terus bergerak hingga nyaris merayap ke rumah lainnya. Untung saja tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo cepat tiba di TKP.

Tim Pemadam langsung menyemprotkan air ke rumah Harson, serta rumah warga lainnya yang berdekatan dengan Harson. Ini dilakukan agar api yang sudah bergejolak merembet ke rumah lain. Tidak sampai setengah jam, petugas pemadam kebakaran sukses menyelesaikan tugasnya.

Dari hasil pendataan di lapangan, total kerugian sekitar puluhan juta. Selain Rumah, satu unit sepeda motor milik Harson pun ludes.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo Rahmat Doni Lahati mengatakan, pihaknya langsung turun ke lokasi setelah 2 menit kebakaran berlangsung, dengan armada 2 unit mobil Damkar serta 1 mobil tangki air.

“Beruntung kami bisa segera menanganinya, karena jika tidak bisa ada puluhan rumah warga yang akan kena dampak kebakaran ini, mengingat kondisi lokasi kebakaran berada pada wilayah yang padat dengan rumah penduduk. Kebakaran ini diduga berasal dari bekas puntung rokok yang dibuang sembarangan,” pungkasnya. (tr-55/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar