Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hore! Kabar Gembira, Transmart Gorontalo Jalan Terus

Oleh Fajriansyach , dalam Ekonomi Headline , pada Senin, 15 Januari 2018 | 11:58 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Progres fisik pembangunan transmart Gorontalo saat ini memang belum jalan. Akan tetapi di atas meja, proyek ini masih terus digenjot. Bahkan, sejumlah investor mitra transmart juga terlibat.

Data yang diperoleh Gorontalo Post dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, dari 15 proyek investasi yang akan dijalankan di Gorontalo, ada empat diantaranya yang berkaitan erat dengan pembangunan salah satu pebisnis pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia itu.

Nilainya mencapai Rp 5,9 Miliar masing-masing CGV Blitz Transmart Carefour Gorontalo dengan nilai Rp 3 Miliar; Solaria Restaurant Transmart Carefour Gorontalo dengan nilai Rp 1,1 Miliar; The Coffe Bean & Tea Leaf Transmart Carefour Gorontalo senilai Rp 1 Miliar; dan Wendy’s Transmart Carefour Gorontalo senilai Rp 800 Juta. Empat proyek investasi tersebut masih dalam tahap pengurusan dokumen.

BACA  Diduga Habis Nyabu, Pria di Gorontalo Diamankan Polisi

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Gorontalo, Muhammad Kasim, mengatakan, terkait empat proyek investasi tersebut pihaknya belum menerima pemberitahuan dari investor yang bersangkutan, terutama terkait pembangunan mall Transmart Gorontalo, yang berhubungan dengan izin operasional perusahaan.

“Informasi yang saya terima bahwa mereka (pihak Transmart,red) masih menunggu proses kajian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan). Karena ini merupakan perusahaan yang besar, maka harus memiliki AMDAL yang harus dipenuhi untuk keperluan izin yang lain,” jelas Kasim.

BACA  Kena Razia Keramaian, Sejumlah Rumah Makan Ditutup

Ditambahkan Kasim, meski permohonan pengurusan izin usaha dan izin turunannya belum masuk ke BPMPTSP, namun secara prinsip pemerintah Kota Gorontalo melalui Walikota Marten Taha sudah menerima laporan dari pihak pengusaha.

“Kami malah senang jika proses pembangunan Transmart Gorontalo bisa lebih cepat dan kami akan memberikan kemudahan dalam pengurusan izin jika semua persyaratan yang dibutuhkan BPMPTSP Kota Gorontalo sudah ada,” tandas Kasim.

BACA  Presiden Reshuffle Kabinet, Ada Nama Sandiaga Uno

Kabid Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup dan Riset Daerah (BLHRD) Provinsi Gorontalo, Ivone Larekeng, ketika dihubungi Gorontalo mengatakan belum mengetahui persis informasi ter-update terkait AMDAL untuk Transmart Gorontalo.

“Maaf saya masih berada di luar daerah. Saya masih di Malang untuk kuliah S3 saya,” ketus Ivone via seluler. Namun sebelumnya, Ivone pernah menyampaikan bahwa pihak investor sudah pernah mengajukan dokumen kepada komisi AMDAL, diantaranya terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) hingga terkait rekayasa lalu lintas.(axl)


Komentar